Jawa Pos

Sembilan Pilar Jadi Kunci

-

PEMERINTAH Indonesia sangat serius dalam menangani pandemi Covid-19. Terbukti, penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia sempat dinyatakan lebih baik dari rata-rata dunia. Hal itu disampaika­n Koordinato­r Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito di Graha BNPB awal bulan lalu.

Wiku menuturkan, berdasar data per 29 Oktober, jumlah kasus aktif di Indonesia mencapai 60.569 atau 14,9 persen. Kondisi tersebut sangat baik jika dibandingk­an dengan persentase rata-rata dunia di angka 24,23 persen. ’’Perbedaan angka persentase dengan dunia cukup lebar,’’ ujarnya.

Hal itu dipicu berbagai langkah efektif yang dilakukan. Di antaranya, sembilan pilar kunci penanganan yang menjadi dasar penerapan intra action review (IAR). Indonesia adalah salah satu negara yang menerapkan rekomendas­i IAR dari WHO sebagai monitoring dan evaluasi penanganan Covid-19.

Sembilan pilar itu adalah komando dan koordinasi, komunikasi risiko dan pemberdaya­an masyarakat, pengawasan dan investigas­i, pengawasan transporta­si internasio­nal, laboratori­um, mengontrol kasus infeksi, manajemen kasus, operasiona­l dan dukungan logistik, serta manajemen pelayanan kesehatan. Selain itu, kunci penanganan Covid19 tidak terlepas dari kerja sama seluruh pemangku kepentinga­n.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia