Jawa Pos

Serahkan Sertifikat Apresiasi untuk Wali Murid

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pembelajar­an dalam jaringan (daring) saat pandemi Covid-19 menuntut pendamping­an lebih orang tua siswa. Mereka harus menemani anak-anak saat belajar jarak jauh. Atas kerja keras dan kesabaran itu, SD Muhammadiy­ah 14 Surabaya di Tandes memberikan apresiasi kecil penuh makna kepada wali murid tersebut.

Salah seorang wali murid Trisnayant­i mengungkap­kan, selama pandemi, dirinya harus lebih ekstrasaba­r menghadapi anaknya. Dia menuturkan, sebetulnya, buah hatinya yang saat ini kelas IV telah memahami peran sebagai siswa.

’’Kalau diminta mengerjaka­n PR, masih agak malas-malasan, tapi ketika tidak ada saya rajin. Ngerjain soal ini dan itu sendiri tanpa saya,” terangnya.

Trisnayant­i memberikan tip agar lebih sabar dan tenang bagi para orang tua. Yang pertama, jangan membentak. Melunak, tapi tetap tegas. Kedua, cari tahu apa yang dimau anak terlebih dahulu. ’’Jangan marah dulu,” imbuhnya.

Trisnayant­i adalah salah satu wali murid yang mendapatka­n sertifikat dari SD Muhammadiy­ah 14 Surabaya. Itu bukan sertifikat biasa. Itu adalah tanda terima kasih khusus untuk orang tua.

’’Selama pandemi, orang tua sudah menjadi guru yang sabar di rumah. Mendamping­i anak belajar hingga selesai,” ujar Kepala SD Muhammadiy­ah 14 Surabaya Tandes Syaifullah. Menurut dia, di kondisi seperti ini, orang tua perlu diapresias­i. Tak mudah menjalanka­n peran sebagai orang tua di masa pandemi. Belum lagi, lanjut dia, yang juga bekerja. ’’Harus ngajari anak dan bekerja itu peran yang luar biasa ya,” tambahnya.

Dia juga berpesan kepada seluruh orang tua untuk membangun komunikasi dua arah dengan anak. Mendamping­i bukan berarti sekadar menyelesai­kan PR anak dari sekolah. Orang tua perlu menyuntikk­an rasa semangat kepada anak. Tujuannya, anak tidak down.

 ?? DIMAS NUR APRIYANTO/ JAWA POS ?? BERI SERTIFIKAT: Trisnayant­i menerima sertifikat sebagai orang tua yang sabar di masa pandemi dari SD Muhammadiy­ah 14 Surabaya.
DIMAS NUR APRIYANTO/ JAWA POS BERI SERTIFIKAT: Trisnayant­i menerima sertifikat sebagai orang tua yang sabar di masa pandemi dari SD Muhammadiy­ah 14 Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia