Jawa Pos

Banyak Jadwalkan Awal Tahun

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Banyak warga Sidoarjo yang berencana umrah awal tahun depan. Namun, mereka harus mempersiap­kan diri untuk mengatur ulang jadwal.

Kemungkina­n penundaan untuk pergi ke Tanah Suci bakal terjadi karena hingga kemarin (30/12) belum ada kabar tentang pembukaan kembali ibadah umrah. Pihak Kemenag Sidoarjo belum menerima pemberitah­uan tentang pelaksanaa­n umrah pada Januari nanti.

Saat ini pemerintah Arab Saudi masih menutup penerbanga­n dari luar negeri. Belum ada ibadah umrah yang dapat diikuti warga lain, termasuk warga dari Sidoarjo.

Kasi Penyelengg­ara Ibadah Haji dan Umrah Kemenag Sidoarjo Rohmat Nasrudin menerangka­n, banyak warga yang menjadwalk­an umrah pada Januari 2021. ”Mereka harus bersabar menunggu kepastian tentang umrah dari pemerintah Arab Saudi,” katanya.

Meski belum ada informasi resmi, jamaah tetap bisa mempersiap­kan diri ke Tanah Suci. Itu sekaligus menyiapkan diri jika umrah tidak sesuai jadwal. Harus ditunda karena keadaan pandemi yang tidak memungkink­an untuk ke Tanah Suci.

Meski belum ada informasi pasti tentang pelaksanaa­n umrah tahun depan, pihak Kemenag tetap membuka layanan rekomendas­i bagi calon jamaah umrah. Rekom tersebut dapat digunakan untuk membuat dokumen seperti paspor untuk para jamaah. ”Sampai hari ini, permintaan rekom masih ada,” ujar Nasrudin.

Jumlahnya, ucap dia, memang tidak sebanyak sebelum pandemi. Namun, jumlahnya lebih tinggi daripada awal Covid-19 ditemukan. Setiap hari rata-rata pemohon paspor bisa mencapai lima orang.

 ?? UZI/JAWA POS ?? PENUTUP TAHUN: Apel pemberian penghargaa­n terungkapn­ya kasus tabrak lari oleh Dirlantas Polda Jatim kemarin.
UZI/JAWA POS PENUTUP TAHUN: Apel pemberian penghargaa­n terungkapn­ya kasus tabrak lari oleh Dirlantas Polda Jatim kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia