Jawa Pos

Tutup Tahun dengan Dua Prestasi Gemilang

-

SURABAYA, Jawa Pos – Perjalanan panjang RW 04 Wonokromo mengikuti Surabaya Smart City (SSC) 2020 berakhir. Proses penjurian dilakukan sejak Agustus lalu. Mulai 1.500 RW, mengecil menjadi 500 besar, 150 besar, dan akhirnya RW 04 Wonokromo ditahbiska­n sebagai juara III. Semua tak lepas dari konsistens­i dan keaktifan warga.

Mustofa selaku ketua RT 10 mengatakan, hal paling sulit di awal keikutsert­aan SSC adalah menggerakk­an partisipas­i warga. ’’Terus berikan contoh. Lama-lama mereka akan sungkan, lalu ikut membantu. Dan akhirnya terbiasa dengan aktivitas lingkungan. Selain itu, melibatkan muda-mudi karang taruna juga penting,’’ ujarnya saat ditemui kemarin (30/12).

Kawasan RW 04 Wonokromo menunjuk RT 08 dan RT 10 untuk mewakili ajang SSC. Salah satu yang paling ditonjolka­n adalah pembuatan batik lidi dengan pewarnaan alami. Selain itu, juga mobil literasi yang mengajak anak-anak untuk mengisi waktu. Lewat kegiatan membaca buku hingga mendongeng. Saat ini, dia tengah mengonsep ide kampung wisata. Maket videonya pun sudah selesai dibuat.

Target awalnya adalah wisatawan lokal. Saat berkunjung ke kampung tersebut, wisatawan bisa belajar membuat batik, belanja produk kreasi dan olahan kuliner warga sekitar, hingga selfie di spot-spot ciamik yang sudah disiapkan sedemikian rupa.

Selain piala SSC, warga di kawasan itu tengah berbangga. Sebab, salah seorang pemudanya, Zaki Raihansyah, berhasil memenangi ajang SMA Awards sebagai Duta Pelajar Putra Jawa Timur. ’’Ada total 300-an peserta yang ikut. Saya hanya menyiapkan semuanya selama tiga hari,’’ ungkap Zaki.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia