Jawa Pos

Penumpang Sepi, Bus Tetap Melaju

Di Terminal Purabaya

-

SURABAYA, Jawa Pos – Kenaikan penumpang di Terminal Purabaya menjelang tahun baru tak terjadi. Penumpang tak sampai 15 ribu orang. Jauh dibandingk­an penumpang tahun lalu dalam momen yang sama. ”Tapi ini termasuk sepi,” ucapnya Kasubnit Terminal Purabaya Imam Hidayat. Rata-rata penumpang terminal Purabaya mencapai 13 ribu orang per hari. Di hari yang sama, saat puncak nataru tahun lalu jumlah penumpang di terminal Purabaya mencapai 45 ribu orang.

Pandemi, kondisi ekonomi, dan pengetatan persyarata­n naik bus menjadi penyebab terminal Purabaya sepi. Seperti hari-hari biasanya selama pandemi terjadi. Penumpang bus yang mayoritas ekonomi menengah ke bawah tak banyak pilihan. Mereka lebih baik menunda, dibandingk­an ongkos pulkam naik karena harus pakai persyarata­n rapid test.

Husin, salah seorang mandoran bus Surabaya-Jember mengungkap­kan, nataru tahun ini dia anggap tak ada. Sebabnya, penumpang bus tak ramai seperti biasanya. Banyak bus yang terpaksa melaju dengan penumpang yang terisi separo pun tak sampai.

”Muat delapan orang satu bus itu sering,” katanya sambil membeli segelas kopi. Jumlah itu sudah terjadi sejak pandemi berlangsun­g. Penumpang seperti menghilang dari penglihata­nnya. Kalaupun ada jumlahnya tak banyak.

Meski begitu, Husin tetap bersyukur. Baginya, sepinya bus masih lebih baik dibandingk­an terminal harus ditutup seperti pada awal pandemi. Sebab, meski terbia bayaran sedikit, dirinya masih bisa membawa pulang uang. ”Kemarin, sepeda motor mau saya gadaikan karena terminal ditutup,” katanya.

Lalang, kernet jurusan Jakarta-Bima juga mengatakan hal sama. Dia masih beruntung masih bisa ikut narik. Meski penumpang yang duduk di bus tidak terisi penuh. Kemarin, lelaki 28 itu telah membawa 20 penumpang dari total kursi 34. ”Dinikmati saja,” katanya dengan logat khas daerahnya.

 ?? EDI SUSILO/JAWA POS ?? TUNGGU PENUMPANG: Bus ngetem di Terminal Purabaya. Jelang tahun baru, kondisinya sama seperti saat pandemi.
EDI SUSILO/JAWA POS TUNGGU PENUMPANG: Bus ngetem di Terminal Purabaya. Jelang tahun baru, kondisinya sama seperti saat pandemi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia