Jawa Pos

LK Luar Negeri Tertarik Komodo

-

MESKI breeding tahun ini terbilang sukses, Kebun Binatang Surabaya (KBS) bukan tak punya pekerjaan rumah. Beberapa satwa di KBS masih jomblo. Upaya pertukaran satwa kini dibicaraka­n antarlemba­ga konservasi (LK).

Satwa-satwa jomblo milik KBS, antara lain, jerapah, monyet asal Brasil capuchin, dan zebra. Selain hidup sebatang kara, beberapa satwa di KBS sudah sepuh. Misalnya, koleksi harimau sumatera.

Dirut Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS Chairul Anwar mengatakan, rencana untuk penukaran satwa sebenarnya sudah dibicaraka­n dengan beberapa LK. Mereka tertarik dengan koleksi milik KBS. ”Misalnya, untuk harimau sumatera, kami berencana berkomunik­asi dengan lembaga konservasi di Bukit Tinggi,” katanya.

Tak hanya LK di dalam negeri, beberapa

LK luar negeri juga beberapa kali berniat untuk bertukar koleksi dengan KBS. Misalnya, Turkey Zoo, London Zoo, dan Melbourne Zoo. Mereka memang menawarkan kerja sama di bidang teknologi dan pengelolaa­n kebun binatang. Tapi, sebagian besar memang berniat untuk bertukar koleksi. ’’Mereka tertarik dengan komodo. KBS terkenal punya koleksi kadal purba itu,’’ terangnya. Saat ini KBS memiliki lebih dari 100 ekor komodo. Sebagian besar hasil breeding. ”Tapi, memang kami harus melihat dahulu dan mengecek secara detail, tak bisa asal tukar,” katanya.

Tak hanya tukar-menukar satwa, KBS juga berpikir soal kandang dan investasi. Untuk membawa satwa baru, biayanya tak ringan. Apalagi, dengan kondisi saat ini, pemasukan dari pengunjung berkurang karena pandemi.

 ?? GRAFIS: BAGUS/JAWA POS ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? Binturung, rusa bawean, rusa sambar, rusa timorensis, kambing gunung, kijang, babi jawa, anoa, eland, sitatunga, watusi, berang-berang, bajing berkantong, owa jawa, dan bekantan
Kakaktua jambul kuning, pecuk padi, burung kronkan, ibis putih kepala hitam, merak hijau, nuri bayan, dan burung undan kacamata
SUKSES DI-BREEDING: Dedik, keeper anoa, memberi makan Wendy dan Toreto.
GRAFIS: BAGUS/JAWA POS ALFIAN RIZAL/JAWA POS Binturung, rusa bawean, rusa sambar, rusa timorensis, kambing gunung, kijang, babi jawa, anoa, eland, sitatunga, watusi, berang-berang, bajing berkantong, owa jawa, dan bekantan Kakaktua jambul kuning, pecuk padi, burung kronkan, ibis putih kepala hitam, merak hijau, nuri bayan, dan burung undan kacamata SUKSES DI-BREEDING: Dedik, keeper anoa, memberi makan Wendy dan Toreto.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia