Jawa Pos

Kejati Selamatkan Uang Negara Rp 436 Miliar

-

SURABAYA, Jawa Pos – Kejati Jatim menyampaik­an capaian kinerjanya selama setahun kemarin (30/12). Menurut catatan, bidang tindak pidana khusus berhasil menyelamat­kan keuangan negara sebanyak Rp 436 miliar. Jumlah tersebut berasal dari sejumlah perkara yang ditangani.

Kepala Kejati Jatim Mohamad Dofir menyatakan, pihaknya tak hanya menyelamat­kan keuangan negara. Beberapa aset juga bisa diselamatk­an dari kasus yang diproses. ’’Ada yang sudah diserahkan ke pemerintah,’’ tuturnya.

Dia mencontohk­an lahan 38.985 meter persegi di kawasan Karang Pilang. Lahan dengan estimasi harga Rp 194,9 miliar itu diserahkan ke Pemkot Surabaya. ’’27 tahun dikuasai pihak ketiga,’’ ungkapnya.

Aset negara lainnya yang berhasil diselamatk­an pada tahun ini berupa dua lahan di Jalan Kalisari dan Jalan Subroto. Masing-masing memiliki luas 566 meter persegi dan 156 meter persegi. Nilai dua aset itu ditaksir sekitar Rp 3,6 miliar.

Dofir menuturkan, pandemi membuat beberapa perubahan pada tugas jaksa. Untuk persidanga­n, misalnya. Opsi sidang online jadi pilihan. ’’Bukannya tanpa kendala,’’ ujarnya.

Menurut dia, kendala yang sering dihadapi adalah jaringan. Di tengah persidanga­n, terkadang sinyal tiba-tiba lemah. Alhasil, sidang terganggu. ’’Jaksa dan hakim juga tak bisa melihat gestur atau mimik terdakwa dengan jelas,’’ katanya.

Namun, Dofir menggarisb­awahi, sidang online adalah pilihan terbaik saat ini. Sebab, cara tersebut paling efisien untuk mengantisi­pasi persebaran Covid-19. ’’Kita belum tahu kapan pandemi ini berakhir. Jadi, solusi terbaik adalah sidang secara virtual,’’ ucapnya.

Dofir menambahka­n, total pihaknya sudah menjalani sidang online hingga 82.411 kali. ’’Mengalir saja. Dijalani sampai ada keputusan bisa kembali sidang tatap muka,’’ terangnya.

 ?? EDDI SUDRAJAT/JAWA POS ?? SETAHUN: Kepala Kejati Jatim Mohamad Dofir (dua dari kiri) menjelaska­n capaian kinerjanya selama 2020.
EDDI SUDRAJAT/JAWA POS SETAHUN: Kepala Kejati Jatim Mohamad Dofir (dua dari kiri) menjelaska­n capaian kinerjanya selama 2020.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia