Jawa Pos

Pamerkan Tarian hingga Lontong Balap

-

SURABAYA, Jawa Pos - Universita­s Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) menggelar First Virtual Cultural Exchange Program dengan University of Northern Philippine­s (UNP) melalui aplikasi Zoom, YouTube, serta Facebook Live. Dalam pergelaran tersebut, kedua negara menampilka­n serba-serbi kebudayaan khas yang dimiliki. Di antaranya, makanan, tarian, dan lagu daerah.

Direktur Global Engagement Nahdlatul Ulama University of Surabaya (Genus) Wiwik Afridah menyatakan, beberapa perwakilan mahasiswa Unusa melakukan live streaming di dalam kampus. Mereka, antara lain, mengenalka­n makanan khas Surabaya, yakni lontong balap. Pihak UNP pun menyaksika­n dari jauh lewat layar virtual.

”Kami memilih lontong balap yang memang sudah punya ciri khas tersendiri, khususnya bagi masyarakat Jawa Timur,” ujar Wiwik. Dia menjelaska­n, dalam acara itu, Genus mengganden­g Fakultas Keperawata­n dan Kebidanan (FKK) Unusa. ”Ini juga merupakan lanjutan dari kerja sama Unusa dengan UNP untuk pertukaran budaya dari setiap negara,” imbuhnya.

BSN Program Head UNP Francis Don Nero mengaku kagum dengan budaya Indonesia, terlebih penampilan yang dilakukan mahasiswa Unusa. ”Saya cukup senang dengan budaya Indonesia yang dibawakan mahasiswa Unusa ini,” ucapnya.

Wiwikpunbe­rharapkerj­asamaUnusa dengan UNP bisa terus berjalan pada tahun-tahun mendatang. ”Adanya pandemimem­buatpertuk­aranbudaya inikamilak­ukansecara­virtual.Tapi,pihak UNPberhara­ptahundepa­nUnusabisa ke Filipina,” ungkapnya.

 ?? UNUSA FOR JAWA POS ?? MASA PANDEMI: Unusa menggelar First Virtual Cultural Exchange Program dengan University of Northern Philippine­s. Beragam atraksi disajikan kedua universita­s.
UNUSA FOR JAWA POS MASA PANDEMI: Unusa menggelar First Virtual Cultural Exchange Program dengan University of Northern Philippine­s. Beragam atraksi disajikan kedua universita­s.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia