Jawa Pos

RSUD BDH Rp 120 M, RS Gunung Anyar Rp 150 M

Proyeksi APBD 2021 di Bidang Kesehatan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Postur APBD 2021 Surabaya senilai Rp 9,8 triliun menganggar­kan ratusan miliar untuk peningkata­n fasilitas kesehatan di Surabaya. Mulai pembanguna­n fasilitas kedokteran nuklir di RSUD Bhakti Darma Husada, penyelesai­an RSUD dr M. Soewandhie, hingga pembanguna­n rumah sakit baru di Gunung Anyar.

Pemkot juga tetap mempriorit­askan penanganan Covid-19 di Surabaya. Plt Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana memastikan bahwa penanganan Covid-19 tetap menjadi prioritas. Salah satu program yang disiapkan adalah pengadaan vaksin untuk kelompok tertentu. ’’Itu masih kita diskusikan bersama OPD (organisasi perangkat daerah) terkait maupun satgas Covid-19 sendiri,” kata mantan wakil ketua DPRD Kota Surabaya itu.

Mengenai fasilitas kesehatan, pemkot akan melanjutka­n pembanguna­n dua rumah sakit yang sempat tertunda pada 2020. Yakni, pembanguna­n fasilitas kedokteran nuklir di RSUD Bhakti Dharma Husada (BDH) dengan anggaran Rp 120 miliar. Selain itu, melalui dinas perumahan rakyat dan kawasan permukiman cipta karya dan tata ruang (DPRKP CKTR), pemkot akan membangun rumah sakit tipe D di Gunung Anyar. ’’Anggaranny­a Rp 150 miliar,” kata Kepala Bidang Bangunan Gedung DPRKP CKTR Surabaya Iman Krestian Maharhando­no.

Iman menjelaska­n, anggaran pembanguna­n rumah sakit di Gunung Anyar itu tidak hanya dialokasik­an untuk konstruksi. Tapi, juga fasilitas di dalamnya berupa alat kesehatan maupun alat kedokteran. ’’Itu nanti juga

multiyear,” terangnya. Selain dua rumah sakit tersebut, proyek gedung baru RSUD dr M. Soewandhie delapan lantai akan dilanjutka­n. Pada 2020 proyek gedung baru sampai lima lantai. ’’Yang tiga lantai dilanjutka­n pada 2021,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Surabaya A.H. Thony menilai tidak ada proyek mercusuar tahun ini. Berbeda dengan 2020, ada beberapa proyek fisik berskala besar seperti Terminal Intermoda Joyoboyo hingga jembatan Joyoboyo yang digadang-gadang menjadi ikon baru di Kota Pahlawan.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ??
FRIZAL/JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia