Jawa Pos

Bosda dan Rehab Sekolah Tetap Lanjut

-

PRIORITAS APBD 2021 di bidang pendidikan masih melanjutka­n program unggulan tahun lalu. Mulai sekolah gratis SD hingga SMP sampai peningkata­n kualitas saranapras­arana pendidikan.

Sekretaris Daerah Kota Surabaya Hendro Gunawan menjelaska­n, persentase dana pendidikan di APBD dipatok lebih dari 20 persen. Anggaran tersebut termasuk untuk membantu sekolah swasta melalui hibah dana pendidikan. ’’Paling besar untuk bosda,’’ jelas Hendro.

Untuk meningkatk­an kualitas pendidikan, pemkot akan membenahi sarana dan prasarana sekolah. Pada tahun ini pemkot akan membangun beberapa sekolah seperti di Sawahan. Perbaikan sekolah serta penambahan ruang kelas baru juga dilakukan. Jumlahnya sebanyak 128 lembaga pendidikan. ’’Pemenuhan sarpras terus berlanjut,’’ paparnya.

Lebih lanjut, Hendro mengungkap­kan, ada pula pembanguna­n sarana dan prasarana fisik. Misalnya, pembanguna­n jalan dan drainase. ”Tahun depan (2021, Red) harus tuntas,” tegas dia.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Reni Astuti memberikan catatan terkait dana pendidikan. Menurut dia, ada kegiatan yang belum mendapatka­n anggaran yang cukup. Salah satunya, pembelajar­an jarak jauh melalui daring. Misalnya, penyediaan bantuan pulsa bagi siswa dan guru. ’’Karena pemkot berasumsi korona tuntas akhir tahun ini (2020, Red),’’ jelasnya.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia