Jawa Pos

Bareskrim Tangkap Kreator Parodi Indonesia Raya

-

JAKARTA, Jawa Pos – Kreator parodi Indonesia Raya yang membuat rakyat Indonesia geram ditangkap. Bareskrim memastikan pembuatnya adalah FRS, 16, murid SMP asal Cianjur. Parodi itu dibuat sebagai bahan ejekan akibat pertengkar­an FRS dengan temannya, NJ, yang merupakan anak pekerja migran Indonesia (PMI) di Malaysia.

Kadivhumas Polri Irjen Argo Yuwono menuturkan, kasus tersebut bermula dari video parodi dengan tag lokasi di Malaysia dan nomor telepon. Setelah koordinasi dengan Polis Diraja Malaysia (PDRM), diketahui bahwa pembuatnya bukan NJ yang berusia 11 tahun. ”Melainkan FRS yang ada di Cianjur,” ujarnya kemarin (1/1).

Video itu dibuat FRS karena pertengkar­an antarteman satu kampung tersebut. Setelah video parodi dibuat, nomor

NJ dan lokasinya di-tag. ”FRS juga membuat akun palsu untuk mengelabui agar tidak terdeteksi petugas,” jelas Argo.

Dari hasil pemeriksaa­n, FRS diketahui menggunaka­n handphone sejak usia 8 tahun. Dia dinilai sudah begitu paham penggunaan ponsel sehingga bisa melakukan pidana itu. ”Motif sebenarnya pembuatan parodi akan didalami,” ucap Argo.

Kini FRS telah ditetapkan sebagai tersangka. Karena masih usia anak, polisi akan menggunaka­n pasal dalam UU Perlindung­an Anak. ”Berbeda dengan undang-undang orang dewasa,” terang jenderal bintang tiga itu.

Dari penangkapa­n itu, ada sejumlah barang bukti yang disita petugas. Di antaranya, ponsel, SIM card, PC komputer, dan sejumlah dokumen identitas. ”Sekarang masih dalam pemeriksaa­n.”

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia