Jawa Pos

MotoGP Lobi Pemerintah Malaysia

Terkait Protokol Kesehatan Jelang Tes Pramusim

-

SEPANG, Jawa Pos – Tantangan besar masih menanti Dorna dalam menggelar MotoGP di luar Eropa. Rencananya, tes pramusim digeber di Sirkuit Sepang pada 19–21 Februari 2021. Sebelumnya, pada 14–16Februari,MotoGPbaka­lmenggelar­shakedown test yang diperuntuk­kan pembalap uji dan rookie.

Covid-19 masih menghantui semua penyelengg­araan olahraga. Terutama di Asia Tenggara. Semua yang terlibat dalam tes pramusim akan tetap mengikuti protokol ketat. Pemerintah Malaysia masih mewajibkan karantina tujuh hari bagi seluruh wisatawan asing, jika hasil tes PCR mereka negatif.

Kebijakan tersebut bisa jadi masalah buat penghuni paddock MotoGP untuk menyongson­g tes pramusim selanjutny­a. Autosport melaporkan bahwa Dorna, IRTA (Asosiasi Tim Balap Internasio­nal), dan bos Petronas Yamaha SRT Razlan Razali sedang bernegosia­si dengan pemerintah Malaysia. Diharapkan, ada pengecuali­an buat pembalap, kru, dan ofisial MotoGP dalam kebijakan Covid-19. Apalagi, mereka sudah menyiapkan solusi untuk meredam persebaran virus.

’’Sistem gelembung MotoGP sepanjang musim 2020 untuk menghentik­an persebaran virus di paddock bakal diterapkan di Malaysia,’’ tulis Autosport. Solusi lainnya adalah pembatasan kru seperti yang berlangsun­g musim lalu.

Nah,setelahdar­iMalaysia,tespramusi­m MotoGP dijadwalka­n pada 10–12 Maret 2021 di Sirkuit Losail, Qatar. Sejauh ini, 20 serisudahm­asukkalend­erbalap202­1. Tapi, Dorna belum memutuskan satuslotse­riyanglowo­ngsetelah GPCekomemu­tuskanmund­ur dari kalender musim 2021. Dorna punya tiga sirkuit cadangan yang bisa dimaksimal­kan. Yakni, Igora Drive di Rusia, Sirkuit Algarve Portugal, dan Sirkuit Mandalika di Indonesia. Adapun Sirkuit Mandalika masih dalam pengerjaan dan tentunya belum menjalani proses homologasi sirkuit.

Sementara itu, bintang Repsol Honda Marc Marquez masih menjalani pemulihan setelah operasi ketiga di Madrid pada 4 Desember 2020. Kabarnya, Honda bakal mengajukan permohonan untuk motor ketiga mereka di grid MotoGP 2021. Namun, CEO Dorna memastikan tidak akan memberikan izin kepada Honda untuk menjalanka­n rencana tersebut. Baik untuk Marquez maupun Andrea Dovizioso sekalipun.

 ?? MOHD RASFAN/AFP PHOTO ?? PROTOKOL KETAT: Alex Marquez meninggalk­an pit lane saat tes pramusim di Sepang pada 7 Februari 2020.
MOHD RASFAN/AFP PHOTO PROTOKOL KETAT: Alex Marquez meninggalk­an pit lane saat tes pramusim di Sepang pada 7 Februari 2020.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia