Jawa Pos

Tutup SPBU untuk Tangkal Konvoi

-

SURABAYA, Jawa Pos − Upaya pemkot menangkal kerumunan pada malam pergantian tahun terbilang berhasil. Dari evaluasi, petugas tidak menemukan warga yang menggelar konvoi perayaan tahun baru. Hanya, 159 warga diamankan karena nekat berkeliara­n.

Kasatpol PP Eddy Christijan­to mengatakan bahwa sejak pukul 20.00, petugas berkelilin­g. Memelototi kerumunan warga. Ketika ada perayaan tahun baru, petugas tidak segan membubarka­n.

Menurut Eddy, dari pantauan di 31 kecamatan, kerumunan tidak ditemukan. Hanya ada warga yang berkeliara­n selepas jam malam. ”Kami berterima kasih kepada warga yang mematuhi aturan,” paparnya. Kunci sukses mencegah euforia warga itu adalah dengan sosialisas­i

Eddy menjelaska­n bahwa sepekan sebelum tahun baru, pemkot mengeluark­an aturan. Melarang warga merayakan pergantian tahun.

Kemudian, pemkot juga meminta camat dan lurah turun untuk menyosiali­sasikan aturan itu. ”Kami juga mengganden­g tokoh warga,” paparnya.

Jurus ampuh ketiga adalah dengan menjaga hotel. Sebab, tidak tertutup kemungkina­n tempat itu menggelar acara perayaan tahun baru. Pemkot sudah melakukan antisipasi.

Wakil Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid-19

Irvan Widyanto mengatakan, hotel dipelototi. Coffee shop dan restoran diminta tutup pada saat jam malam. ”Seluruhnya harus tutup,” tegasnya.

Selain itu, pemkot bekerja sama dengan TNI dan Polri untuk membatasi jam operasiona­l SPBU. Tempat pengisian bahan bakar tersebut diminta tutup pukul 20.00. Pelayanan kembali dibuka pukul 04.00.

Hasilnya terbilang efektif. Mencegah warga melakukan konvoi. Menurut Irvan, tidak ada warga yang menggelar konvoi saat tahun baru. ”Karena penutupan sementara SPBU,” jelasnya.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? PENYEKATAN: Kawasan Bambu Runcing di Jalan Panglima Sudirman sepi saat malam pergantian tahun.
DIMAS MAULANA/JAWA POS PENYEKATAN: Kawasan Bambu Runcing di Jalan Panglima Sudirman sepi saat malam pergantian tahun.
 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? HARUS PUTAR BALIK: Petugas menutup jalan masuk ke Surabaya di sekitar bundaran Waru. Langkah itu dilakukan untuk mengurangi mobilitas warga luar kota yang akan merayakan pergantian tahun.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS HARUS PUTAR BALIK: Petugas menutup jalan masuk ke Surabaya di sekitar bundaran Waru. Langkah itu dilakukan untuk mengurangi mobilitas warga luar kota yang akan merayakan pergantian tahun.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia