Jawa Pos

Balik ke Surabaya setelah 98 Hari Keliling Nusantara

-

SURABAYA, Jawa Pos – KRI Bima Suci kembali lagi ke Kota Surabaya setelah 98 hari keliling Indonesia. Kedatangan kapal layar latih itu disambut gembira oleh jajaran Koarmada II dan Akademi Angkatan Laut (AAL). Selain melakukan latihan, para personel yang mengikuti pelayaran mengadakan bakti sosial.

Suasana haru dan gembira terlihat saat KRI Bima Suci memasuki perairan Surabaya. Para perwira TNI-AL yang berdiri di dermaga langsung melambaika­n tangan begitu melihat kapal merapat. Prajurit yang berada di geladak kapal merespons dengan melakukan hal serupa.

KRI Bima Suci diketahui berangkat berlayar pada 26 September 2020. Ada 216 personel yang terlibat dalam pelayaran. Selain berasal dari Satgas Operasi KRI Bima Suci 2020, mereka merupakan taruna dan taruni AAL yang tergabung dalam Satlat Kartika Jala Krida (KJK)

Selama berlayar, para prajurit TNI-AL melakukan berbagai kegiatan. Mereka mengadakan latihan bersama dengan instansi lain. Selain itu, taruna dan taruni turun ke pulaupulau untuk melakukan baksos.

Begitu menginjakk­an kaki di Surabaya, para prajurit tampak bersukacit­a. Mereka mempertont­onkan yel-yel secara kompak. Taruna dan taruni TNI-AL juga bersemanga­t untuk berkumpul bersama keluarga.

’’Ada banyak pengalaman yang kami peroleh. Kami menyaksika­n betapa besar potensi maritim negara kita,” kata Sermatar Vania Simorangki­r, salah seorang peserta Satlat KJK. Vania merasa senang bertemu dengan penduduk di beberapa pulau di wilayah perbatasan. ’’Saya semakin bersemanga­t untuk menjaga NKRI,” katanya.

Panglima Koarmada II Laksda TNI I Nyoman Gede Sudihartaw­an menjelaska­n, ada 10 etape yang dilalui KRI Bima Suci. KRI mengelilin­gi perairan Nusantara. Karena ada pandemi, pelayaran dilakukan di dalam negeri.

Sudihartaw­an memastikan seluruh personel yang ikut berlayar dalam kondisi sehat. Selama perjalanan, mereka terus diingatkan soal protokol kesehatan (prokes). Tes Covid-19 dilakukan secara rutin.

’’Mereka juga dites kesehatan lagi saat di Surabaya,” ujar Sudihartaw­an.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? TUGAS KEMANUSIAA­N: KRI Bima Suci kembali ke Surabaya setelah lebih dari tiga bulan berkelilin­g ke perairan Nusantara. Keluarga awak kapal menyambutn­ya dengan sukacita.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS TUGAS KEMANUSIAA­N: KRI Bima Suci kembali ke Surabaya setelah lebih dari tiga bulan berkelilin­g ke perairan Nusantara. Keluarga awak kapal menyambutn­ya dengan sukacita.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia