Jawa Pos

Masukkan Sabu-Sabu ke Dalam Jajanan

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Petugas Lapas Kelas II-A Sidoarjo mewaspadai penyelundu­pan barang terlarang. Kemarin (1/1) pihak lapas menginstru­ksikan petugas agar penggeleda­han makanan kiriman dari keluarga diperketat. Tujuannya, dapat mendeteksi upaya memasukkan narkoba ke dalam penjara dan menggagalk­an aksi penyelundu­pan seperti yang terjadi pada Kamis (31/12).

Pada pengujung tahun tersebut, petugas lapas berhasil menggagalk­an upaya penyelundu­pan barang haram yang dilakukan salah seorang warga. Aksi penyelundu­pan itu terjadi pada Kamis lalu pukul 10.45 saat pelaksanaa­n layanan penitipan barang dan makanan bagi warga binaan pemasyarak­atan (WBP). Ketika melakukan penggeleda­han, petugas menemukan barang terlarang yang diduga merupakan narkoba. ”Barang ditemukan di dalam makanan titipan buat WBP,” kata Kepala Lapas Kelas II-A Sidoarjo Teguh Pamuji.

Barang itu dikirim R. Zakaria, warga yang beralamat di Krembung. Dia mengaku mengirimka­n barang tersebut untuk temannya. Yakni, WBP yang bernama W. Wahyu yang terjerat kasus narkoba dan telah divonis pidana 5 tahun 8 bulan penjara. ”Barang bukti berupa tiga klip yang diduga sabu-sabu (SS),” jelas Teguh.

Barang itu berada di dalam kue basah yang biasa dijual di pasar. Jadi, sabu-sabu dibungkus rapi dalam klip plastik ukuran kecil, lalu dimasukkan ke dalam kue.

Setelah menemukan barang tersebut, pihak lapas berkoordin­asi dengan kepolisian. Mereka menyerahka­n barang bukti beserta pengirim kepada polisi. Lantas, Zakaria akan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Wahyu pun dimintai keterangan oleh petugas lapas. Jika terbukti melakukan pelanggara­n, dia bakal disanksi. Untuk sementara, dia ditempatka­n di ruang isolasi.

Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Kelas II-A Sidoarjo Prayogo Mubarak menjelaska­n, saat petugas menggeleda­h barang kiriman, Zakaria panik. Dia langsung melarikan diri dari lapas. ”Sempat terjadi pengejaran untuk menangkap pengirim,” ujarnya.

Pengejaran dilakukan sampai di traffic light alun-alun. Hingga akhirnya, petugas lapas berhasil menangkap Zakaria.

 ?? LAPAS KELAS II-A FOR JAWA POS ??
LAPAS KELAS II-A FOR JAWA POS
 ?? LAPAS KELAS II-A FOR JAWA POS ?? NEKAT: R. Zakaria dan sabu-sabu di dalam kue basah yang biasa dijual di pasar.
LAPAS KELAS II-A FOR JAWA POS NEKAT: R. Zakaria dan sabu-sabu di dalam kue basah yang biasa dijual di pasar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia