Jawa Pos

Fokus Patroli di Tempat Wisata

Ada Jam Malam, Pergantian Tahun Berjalan Kondusif

-

GRESIK, Jawa Pos – Pergantian tahun pada Kamis malam (31/12) di Kota Pudak berjalan tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Gelar operasi serentak dan masif di semua wilayah, tampaknya, membuat masyarakat memilih beraktivit­as di kampung atau tetap tinggal di rumah saja. Terlebih, hujan juga mengguyur sebagian kawasan.

Biasanya pada malam tahun baru, banyak aktivitas atau pertunjuka­n musik dan sejenisnya. Anak-anak muda juga kerap ditemui berkonvoi di jalan raya dengan kendaraan bermotor. Namun, kali ini relatif sepi. Kalaupun masih ada, dentuman bunyi kembang api terdengar bersahutan dari beberapa sudut kampung.

Perubahan suasana perayaan tahun baru tersebut tidak lain menyusul pemberlaku­an jam malam sesuai instruksi Kapolri dan surat edaran Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Persebaran Covid-19 yang belakangan menunjukka­n tren peningkata­n, baik skala nasional maupun regional, memaksa kebijakan itu diberlakuk­an. Tak ayal, masyarakat pun harus menjauhi kerumunan.

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi dan berterima kasih kepada masyarakat atas kerja samanya selama pelaksanaa­n operasi pengamanan tahun baru. ’’Karena sudah menjalanka­n aturan dan regulasi sesuai imbauan pemerintah. Termasuk tertib mematuhi pembatasan aktivitas jam malam, sejak pukul 20.00 hingga 04.00, pada momen pergantian tahun,’’ jelasnya.

Pantauan Jawa Pos, pada Kamis malam memang banyak petugas gabungan yang dikerahkan ke sejumlah titik dan berpatroli. Baik dari TNI-Polri, satpol PP, maupun jajaran terkait lain. Polsek-polsek jajaran bersama forkopimda juga melaksanak­an operasi di wilayah masing-masing. Sasarannya, antara lain, tempat-tempat kerumunan hingga tempat-tempat rawan. Warung dan toko yang masih buka di atas pukul 20.00 diminta tutup.

Kawasan perumahan juga tidak luput dari operasi. Di Pondok Permata Suci (PPS), Manyar, misalnya. Malam itu beberapa mobil petugas gabungan menyisir kerumunan warga seperti di depan ikon Menara Eiffel maupun kawasan Swan Lake. Mengetahui ada petugas, beberapa muda-mudi pun langsung semburat. ’’Ayo silakan bubar,’’ kata seorang polisi.

Titik-titik perbatasan Gresik dengan daerah lain juga mendapat pengawasan. Pengendara yang masuk dihentikan untuk menjalani pemeriksaa­n. Di antaranya, depan Kantor Pemkab Jalan dr Wahidin Sudirohuso­do. Pengendara dari luar kota dipaksa untuk putar balik.

Menurut Arief, aturan jam malam maupun penyekatan arus lalu lintas antarkabup­aten tidak akan diberlakuk­an lagi.

’’Sejauh ini belum ada instruksi atau kebijakan yang mengarah ke sana. Yang jelas, kami tetap akan fokus pada pelaksanaa­n Operasi

Lilin Semeru 2020 yang berakhir pada 4 Januari nanti,’’ paparnya.

Dia menyatakan, operasi yang digelar serentak sejak 21 Desember lalu itu relatif berjalan sesuai harapan. Perayaan ibadah Natal dan malam pergantian tahun di Kota Pudak berlangsun­g aman, nyaman, dan damai. Tidak ada kejadian menonjol. ’’Kini tinggal berfokus pada pengamanan objek wisata dan objek vital lainnya yang berpotensi menciptaka­n kerumunan massa,’’ tegas Arief.

Targetnya, lanjut dia, mengantisi­pasi gangguan keamanan, ketertiban, dan keselamata­n masyarakat serta kelancaran lalu lintas. Yang terpenting lagi, pencegahan persebaran Covid-19. Sebab, seperti terjadi di banyak daerah, virus korona di Gresik juga menunjukka­n tren kenaikan. ’’Kami terus bersinergi dengan segenap stakeholde­r. Mulai TNI, dinas perhubunga­n, satpol PP, hingga organisasi masyarakat,’’ ungkapnya.

 ?? POLRES GRESIK FOR JAWA POS ??
POLRES GRESIK FOR JAWA POS
 ?? POLRES GRESIK FOR JAWA POS ?? JAGA KAMTIBMAS: Ratusan petugas gabungan menggelar apel pengamanan malam tahun baru di halaman gedung baru Mapolres Gresik. Foto atas, Kapolres AKBP Arief Fitrianto dan Dandim 0817 Letkol Inf Taufik Ismail ikut berpatroli pemberlaku­an jam malam.
POLRES GRESIK FOR JAWA POS JAGA KAMTIBMAS: Ratusan petugas gabungan menggelar apel pengamanan malam tahun baru di halaman gedung baru Mapolres Gresik. Foto atas, Kapolres AKBP Arief Fitrianto dan Dandim 0817 Letkol Inf Taufik Ismail ikut berpatroli pemberlaku­an jam malam.
 ?? LUDRY PRAYOGA/JAWA POS ?? KEWASPADAA­N: Petugas memeriksa setiap kendaraan yang masuk ke wilayah Kota Gresik pada pergantian tahun Kamis malam (31/12).
LUDRY PRAYOGA/JAWA POS KEWASPADAA­N: Petugas memeriksa setiap kendaraan yang masuk ke wilayah Kota Gresik pada pergantian tahun Kamis malam (31/12).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia