Jawa Pos

Sudah Seminggu, Genangan Masih Awet

-

GRESIK, Jawa Pos – Hingga berganti tahun, banjir dampak luapan Kali Lamong masih menggenang­i 16 desa di wilayah Kecamatan Cerme. Genangan di permukiman memang sudah berangsur-angsur surut. Namun, tidak untuk wilayah sawah atau tambak. Air menghampar luas bak lautan. Setidaknya, ada 1.155 hektare tambak yang masih tergenang.

Beberapa kawasan tambak yang terdampak banjir Kali Lamong, antara lain, Desa Tambakbera­s, Banjarsari, dan wilayah sekitar Kali Lamong. Sampai kemarin (1/1), ketinggian air yang menggenang­i tambak diperkirak­an sekitar 2 meter. Bahkan, genangan air dari tambak itu sampai meluber ke Jalan Raya Cerme.

Tak pelak, dalam seminggu terakhir, akses lalu lintas di jalan nasional tersebut sedikit tersendat. Pengendara sepeda motor memilih pelan-pelan ketika melewati genangan air dengan ketinggian 5–10 sentimeter itu. Biasanya genangan tersebut juga meninggalk­an lubang-lubang jalan.

Kepala Badan Penanggula­ngan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Gresik Tarso Sugito mengatakan, di wilayah Kecamatan Cerme, yang mengalami kerugian terbesar akibat banjir Kali Lamong adalah para petani tambak.

Karena tambak mereka terendam, tentu saja ikan-ikannya berpotensi hilang. Total kerugian bisa mencapai miliaran rupiah.

Selain tambak, lanjut Tarso, banjir masih menggenang­i sejumlah rumah penduduk. Berdasar data terakhir, setidaknya ada 1.040 rumah warga yang masih terdampak. Di antaranya, di Desa Dungus dan Morowudi. Namun, ketinggian air tinggal 5–10 sentimeter. Lalu, khusus untuk Perumahan Prismaland Desa Guranganya­r, sejauh ini 270 rumah warga masih terendam dengan ketinggian air 1 meter.

’’Genangan di Jalan Morowudi juga sudah menurun. Ketinggian air tinggal 20 sentimeter. Sebelumnya akses itu ditutup, kini sudah diperboleh­kan untuk dilalui kendaraan. Namun, pengendara harus berjalan pelan-pelan,’’ ungkapnya.

Kondisi di Jalan Morowudi juga sudah menurun. Ketinggian air tinggal 20 sentimeter. Sebelumnya akses itu ditutup, kini sudah diperboleh­kan untuk dilalui kendaraan.’’

TARSO SUGITO Kepala BPBD Gresik

 ?? GALIH WICAKSONO/JAWA POS ?? PELAN-PELAN: Genangan air dampak luapan banjir Kali Lamong di Jalan Raya Cerme berangsur surut.
GALIH WICAKSONO/JAWA POS PELAN-PELAN: Genangan air dampak luapan banjir Kali Lamong di Jalan Raya Cerme berangsur surut.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia