Jawa Pos

Buka Lagi Jalan Wahidin Sudirohuso­do

-

GRESIK, Jawa Pos – Salah satu proyek vital Pemkab Gresik pada 2020 adalah underpass di Jalan dr Wahidin Sudirohuso­do. Tepatnya, di sekitar jalan masuk Perumahan Gresik Kota Baru (GKB) sisi selatan. Tahap pertama proyek itu akhirnya selesai. Jalan dr Wahidin Sudirohuso­do yang ditutup sejak Juni lalu segera dibuka lagi.

Dari pantauan Jawa Pos, bentuk underpass itu sudah selesai dikerjakan. Fisik terowongan sekaligus beton jalan di bagian utara underpass juga terlihat tuntas. Tinggal menambah ornamen-ornamen di sekeliling underpass. Nah, penambahan ornamen itu bakal masuk pengerjaan lanjutan tahap kedua APBD 2021.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Pemkab Gresik Gunawan Setiaji mengatakan, Jalan dr Wahidin Sudirohuso­do memang akan dibuka seperti semula. Untuk kapan pembukaann­ya, pihaknya belum bisa memastikan. Rencananya, pembukaan jalan nasional tersebut dibarengka­n dengan peresmian underpass.

’’Jalannya sudah bisa dilewati, tapi sekarang masih ditutup. Kita tunggu peresmian, baru dibuka. Peresmiann­ya paling Januari,” kata Gunawan.

Underpass tersebut menjadi salah satu proyek andalan pemkab pada 2020. Untuk tahap pertama, telah dialokasik­an anggaran Rp 5 miliar. Pada tahun ini, akan berlanjut pembanguna­n frontage road. Dalam APBD 2021, pembebasan lahan untuk frontage road itu sudah disetujui DPRD Gresik dengan nilai Rp 4,8 miliar. Lahan yang dibeli berada di sisi selatan Jalan dr Wahidin Sudirohudo­so atau di sisi pojok Randuagung. Tepatnya, berdamping­an dengan gedung sekolah baru yang tengah dibangun.

Panjang frontage road sekitar 500 meter. Yakni, dimulai dari lampu merah Randuagung hingga titik underpass. Pengendara dari arah Kota Gresik yang akan menuju GKB bakal melewati frontage road tersebut. ’’Ya, dari lampu merah itu ada frontage. Ke kiri sedikit, kemudian melewati underpass dan tembusnya di Jalan Sumatera GKB, tepat di taman sebelah barat,” jelas Gunawan.

 ?? GALIH WICAKSONO/JAWA POS ?? TUNGGU PERESMIAN: Jalan dr Wahidin Sudirohudo­so yang ditutup sejak Juni lalu segera dibuka lagi setelah proyek underpass selesai.
GALIH WICAKSONO/JAWA POS TUNGGU PERESMIAN: Jalan dr Wahidin Sudirohudo­so yang ditutup sejak Juni lalu segera dibuka lagi setelah proyek underpass selesai.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia