Jawa Pos

Libatkan 50 Musisi POSS

Mainkan Musik Klasik, Pop Barat dan Indonesia

-

SURABAYA, Jawa Pos – Gesekan biola dan selo serta tiupan flute menggema saat sebuah video diputar. Pemainnya adalah anggota Pusat Olah Seni Surabaya (POSS). Mereka mengadakan konser virtual akhir tahun yang diunggah di kanal YouTube. Para musisi itu menampilka­n berbagai jenis musik yang dimainkan secara individu dan kelompok.

Konser tersebut dimulai Sabtu (26/12). Mereka mengunggah lima video yang masing-masing berisi lagu berbeda. Mulai musik klasik, pop Barat, hingga Indonesia. Terdapat berbagai alat musik yang dimainkan saat konser itu berlangsun­g. Mulai biola, selo, flute, hingga gitar. Ada juga aransemen lagu berbahasa Suroboyoan yang dinyanyika­n salah seorang anggota.

Musik-musik itu dimainkan secara individu, duet, maupun berkelompo­k dengan pola orkestra. Misalnya, musik String Quartet G Major K 80 karya Mozart. Musik klasik itu dimainkan lima musisi muda anggota POSS dengan 3 biola, 1 flute, dan 1 selo. Kekompakan terlihat saat mereka bermain musik dengan durasi lima menit. Musiknya terdengar harmoni. Begitu pula penampilan individu maupun duet pada konser itu. Total terdapat 50 musisi POSS yang terlibat. Mulai anggota senior hingga junior. Mereka mengadakan konser virtual untuk mengapresi­asi seni musik sekaligus melatih kemampuan para anggotanya dalam bermusik. Mulai mengaranse­men lagu, membuat komposisi, dan bermain alat musik. Kegiatan itu merupakan acara tahunan bertajuk Musical Journey. ’’Sebetulnya dua kali dalam setahun, tapi sejak pandemi berubah konsep. Kami adakan konser virtual sebagai gantinya,” kata salah seorang pembina POSS Heru Prasetyono.

Mereka menyiapkan konser virtual itu selama lima bulan. Mulai latihan, eksekusi, hingga editing video. Tempat yang digunakan untuk bermusik pun berbedabed­a. Baik di rumah sendiri maupun studio POSS di Dharmawang­sa. ’’Jika di studio, harus patuh protokol kesehatan dengan bergantian,” ucap Heru. Konser virtual tersebut akan diunggah sampai genap sepuluh video yang diperkirak­an rampung awal Januari.

 ?? HANAA SEPTIANA/JAWA POS ?? LIVE: Pusat Olah Seni Surabaya menghelat konser virtual pemungkas mereka pada 2020 ini. Berlabel Musical Journey, konser tersebut menggantik­an event rutin tahunan mereka.
HANAA SEPTIANA/JAWA POS LIVE: Pusat Olah Seni Surabaya menghelat konser virtual pemungkas mereka pada 2020 ini. Berlabel Musical Journey, konser tersebut menggantik­an event rutin tahunan mereka.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia