Jawa Pos

Duet Rasa Drama Korea

Debut Kolaborasi Arsy Widianto dan Tiara Andini

-

JAKARTA, Jawa Pos – Dua-duanya merupakan penyanyi muda yang sedang naik daun. Sama-sama sering membawakan lagu-lagu cinta dan punya citra sweet. Ditambah, keduanya juga berada di bawah label rekaman Universal Music Indonesia. Tak heran, akhirnya Arsy Widianto dan Tiara Andini berkolabor­asi dalam proyek single.

Dalam jumpa pers kemarin sore (15/1), Arsy dan Tiara mengumumka­n bahwa mereka akan merilis empat single yang bertema cinta. Single pertama, Cintanya Aku, dirilis Jumat depan (22/1) bersamaan dengan klip videonya. Lantas, 3 lagu lain berjudul Diam-Diam, Padamu Luka, dan

Bahaya. ”Nanti setelah single pertama, tiap dua minggu akan dirilis single baru,” jelas Tiara.

Tak sekadar lagu, empat single kolaborasi Arsy dan Tiara juga punya klip yang tersambung satu sama lain. Layaknyase­buahminise­ri.Karenaitu,4klipvideo­lagu kolaborasi Tiara dan Arsy disebut sebagai music series berjudul ArTi untuk Cinta. Kemarin sore, trailer music

series itu dirilis di kanal YouTube Tiara Andini. Dalam klip trailer itu, tampak adegan di mana Arsy dan Tiara yang dikisahkan saling cinta menikmati momen-momen romantis bak pasangan di sebuah drama Korea. Namun, ada juga momen di mana keduanya terpisah dan tampak bersedih. Musik berirama melankolis menjadi latar suara. Mirip trailer serial Negeri Ginseng.

Arsy dan Tiara sepakat bahwa tone cerita dan visual musicserie­smerekater­inspirasid­ariHallyuW­ave.Mulai pemilihanw­arnakalem,fesyen,musik,bahkanbumb­u romantis ala drama Korea yang muncul dalam jalan cerita music series. ”Kami sama-sama pencinta Korea

lho. Aku suka K-pop, Arsy suka K-drama,” kata Tiara. Ayah Arsy, musisi Yovie Widianto, turun tangan dalam penggarapa­n single. Setelah menciptaka­n lagu yang manis, musisi yang terkenal dengan lagu-lagu cinta itu banyak berdiskusi dengan sang anak dan Tiara terkait konsep klip. ”Soal Korea, mereka berdua lebih paham. Saya cuma masukkan di bagian mana sedih dan bahagianya,” kata Yovie.

Soalchemis­try, Arsy dan Tiara sudah langsung akrab. Selainkare­nasama-samapengge­marKorea,Arsysudah tahu betul karakteris­tik Tiara. Misalnya, karakter vokal. Saatsangay­ahmengaran­semenlaguT­erlanjurMe­ncinta, Arsy juga ikut membantu sehingga dia sudah akrab dengan vokal Tiara. Sang runner-up Indonesian Idol X itu juga langsung klop dengan kepribadia­n Arsy.

Arsy dan Tiara menambahka­n bahwa selama syuting klip, mereka juga harus bisa berekspres­i lewat mimik wajah. Tanpa dialog, hanya musik dan lirik. ”Untung, konsep musik dan lirik sudah kuat banget. Kami tinggal menghayati,” jelas Tiara.

Selain empat lagu berbahasa Indonesia, nanti ada satulagube­rbahasaKor­eayangmeru­pakanterje­mahan dari salah satu lagu Arsy dan Tiara. Untuk itu, mereka berlatihpe­ngucapanba­hasaKorea.”Nyanyilagu­Korea beda soalnya. Nggak cuma pengucapan, tapi penghayata­nnya juga beda,” kata Arsy.

 ?? UNIVERSAL MUSIC STUDIOS ??
UNIVERSAL MUSIC STUDIOS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia