Jawa Pos

Kejutan dari Ganda Cadangan

Leo/Daniel Tembus Semifinal Thailand Open I

-

BANGKOK, Jawa Pos – Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin hanya berstatus cadangan ke-9 saat mendaftar Thailand Open I. Saat berangkat ke Bangkok, status mereka pun belum tentu bisa main. Namun, kini mereka membuat kejutan besar dengan menembus babak semifinal.

Kemarin Leo/Daniel mengalahka­n Marcus Ellis/Chris Langridge 12-21, 21-14, 21-15 di Impact Arena, Bangkok. Ellis/Langridge bukan lawan sembaranga­n. Ganda asal Inggris itu merupakan peraih perunggu Olimpiade Rio 2016.

Peringkat mereka juga jauh. Ellis/Langridge menempati posisi ke-22. Sedangkan Leo/ Daniel –yang baru menginjak level senior tahun lalu– berada di peringkat ke-70. ”Kami tidak pernah membayangk­an sampai sejauh ini,” ungkap Daniel seperti dikutip dalam situs resmi BWF.

Dalam pertanding­an tersebut Leo/Daniel tampil cerdik dan pantang menyerah. Setelah kehilangan set pertama, mereka mampu bangkit dan memberikan perlawanan. Dilihat dari trek mereka sejak babak pertama, Leo/Daniel memang selalu kehilangan set awal. Namun, mereka mampu belajar dari kesalahan tersebut. Kemudian memaksa lawan untuk rubber game dan mengambil kemenangan dalam set penentu.

”Saya tidak ingin bermimpi besar di sini. Sebab, jika impian itu tidak terjadi, saya akan sangat kecewa. Jadi, saya hanya mengambil selangkah demi selangkah. Yang pasti senang dikasih sampai bisa semifinal begini,” imbuh Leo.

Pada laga semifinal hari ini, Leo/Daniel akan melawan Goh V Shem/Tan Wee Kiong. Melawan pasangan asal Malaysia itu akan lebih berat. Mereka menempati ranking ke-14 dunia dan peraih perak Olimpiade Rio 2016.

Di sektor lainnya, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti juga melaju tanpa hambatan ke semifinal. PraMel –sebutan pasangan Praveen/Melati– belum kehilangan satu set pun sejak babak pertama. Kemarin mereka mengalahka­n Mathias Christians­en/Alexandra Boje dalam straight game 21-19, 22-20.

Meli (sapaan Melati Daeva Oktavianti) mengakui, permainann­ya kali ini kurang maksimal. Beberapa kali melakukan kesalahan sendiri. ”Pada interval pertama dan kedua kami agak lengah, tanpa sadar mengubah pola main. Kami banyak ambil poin dari depan. Setelah unggul malah main bola panjang yang enak untuk lawan,” terangnya.

Hari ini mereka akan bertemu kembali dengan Thom Gicquel/Delphine Delrue. Pasangan Prancis tersebut secara mengejutka­n pernah mengalahka­n PraMel di Indonesia Masters 2020. Kali ini PraMel bertekad tidak melakukan kesalahan yang sama.

”Kami menjaga komunikasi dan fokus di lapangan. Tentunya kami sangat senang. Kami akan mempersiap­kan diri untuk besok (hari ini, Red) dan kami tahu bahwa kami menghadapi lawan yang tangguh di semifinal,” kata Ucok, sapaan akrab Praveen Jordan.

 ?? BADMINTONW­IRE ?? MENJAGA ASA: Leo (kanan) dan Daniel saat bentrok melawan pasangan Inggris Marcus Ellis/ Chris Langridge kemarin.
BADMINTONW­IRE MENJAGA ASA: Leo (kanan) dan Daniel saat bentrok melawan pasangan Inggris Marcus Ellis/ Chris Langridge kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia