Jawa Pos

Siapkan 351 Prodi Vokasi

-

JAKARTA, Jawa Pos – Tahun ini seleksi masuk program sarjana terapan atau D-4 resmi dikelola Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Dalam skema seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN), setidaknya ada 351 program studi (prodi) sarjana terapan yang siap dipilih.

Dirjen Pendidikan Vokasi Kementeria­n Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbu­d) Wikan Sakarinto menjabarka­n, jumlah prodi tersebut terbagi atas 298 prodi sarjana terapan di politeknik negeri serta 53 prodi di 12 universita­s, institut, sekolah tinggi, dan akademi (unista) vokasi. ’’Untuk politeknik ada 215 prodi saintek dan 83 prodi soshum. Sementara itu, untuk unista ada 31 saintek dan 22 soshum yang bisa dipilih,’’ tuturnya dalam acara sosialisas­i SNMPTN penerimaan mahasiswa baru 2021 secara daring kemarin (15/1).

Proses pertama yang harus dilewati lulusan SMA/SMK/ MA untuk melanjutka­n pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi ada pada seleksi. Proses itu menjadi syarat penting agar lulusan maupun perguruan tinggi dapat mengukur kualitas calon peserta didik. ’’Untuk itu, kami mengganden­g LTMPT melakukan seleksi calon mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN,’’ ungkapnya.

Menurut dia, memilih sarjana atau sarjana terapan tak menjadi soal. Terserah individu masing-masing. Sebab, D-4 setara dengan S-1. Namun, untuk pendidikan sarjana terapan, 60 persen bakal diisi dengan praktik. Selebihnya teori. Artinya, lulusan memang disiapkan untuk bekerja di dunia industri dengan kemampuan mumpuni.

Pada semester VII atau VIII, mahasiswa wajib magang di industri. Kemudian, di salah satu semester disisipkan program Kampus Merdeka. Mahasiswa diberi kesempatan memilih untuk melakukan kuliah kerja nyata (KKN), sif di luar negeri, atau pengabdian masyarakat. ’’Kita juga punya desain interkonek­tivitas dengan terapan lanjutan, baik di luar negeri maupun di dalam negeri. Luar negeri misal Jerman, Korea Selatan, dan lainnya,’’ paparnya.

Ketua Forum Direktur Politeknik Negeri Se-Indonesia (FDPNI) Zainal Arief menyampaik­an, politeknik siap membuka seluas-luasnya akses masyarakat untuk melanjutka­n pendidikan ke jalur vokasi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia