Jawa Pos

Buka Sisi Selatan untuk Akses Lapangan Tembak

Pengoperas­ian JLLT Belum Ditentukan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pintu selatan Jalur Lingkar Luar Timur (JLLT) ruas Nambangan–Kedung Cowek sudah dibuka. Namun, jalur itu belum bisa dilewati pengendara. JLLT sengaja dioperasik­an untuk pembanguna­n akses lapangan tembak.

Beton-beton yang semula menutup JLLT ruas Nambangan–Kedung Cowek sisi selatan sudah disingkirk­an.

Kendaraan roda dua dan empat bisa masuk. Kondisi tersebut berbeda dengan sisi utara. JLLT yang berdekatan dengan Jembatan Suramadu itu belum bisa dilewati.

Kabid Perancanga­n dan Pengawasan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya Farhan Sanjaya menyatakan, JLLT ruas Nambangan–Kedung Cowek memang belum dioperasik­an seluruhnya. Saat ini hanya sisi selatan yang dibuka. ”Itu dilakukan untuk mendorong pembanguna­n akses lapangan tembak,” katanya.

Farhan menjelaska­n, pembanguna­n JLLT memang sudah selesai. Namun, ada sarana yang belum dipasang. Nanti pemkot memasang beberapa rambu baru untuk mendukung pengoperas­ian.

Lantas, kapan JLLT bakal dioperasik­an seluruhnya? Farhan belum bisa memastikan­nya. ”Yang pasti, kami membangun akses lapangan tembak dulu tahun ini,” jelas Farhan.

Pengoperas­ian JLLT sisi utara ditunggu banyak pihak. Keberadaan akses itu amat penting. Salah satu fungsinya adalah memecah kemacetan di Jalan Kedung Cowek. Pemerintah mengklaim keberadaan jalan raya bakal mampu mendorong perekonomi­an Surabaya.

Meski sisi utara sudah selesai, pembebasan lahan masih terus berjalan. Berdasar catatan Kelurahan Tanah Kali Kedinding (Takal), ada banyak lahan di sisi selatan yang belum dibebaskan. Jumlahnya sekitar 90 persil.

Kasitranti­b Kelurahan Tanah Kali Kedinding (Takal) Agus Sugiyanto mengungkap­kan, sebagian berkas lahan untuk pembanguna­n sudah dikumpulka­n. Kelurahan masih menunggu instruksi untuk pembebasan tahun ini. ”Sebagian sudah diukur. Tinggal dibayar,” ujar Agus.

Yang pasti, kami membangun akses lapangan tembak dulu tahun ini.’’

FARHAN SANJAYA Kabid Perancanga­n dan Pengawasan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? DITUNGGU: Pemanfaata­n JLLT dinantikan warga karena diharapkan bisa mengurangi kemacetan di daerah Kedung Cowek.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS DITUNGGU: Pemanfaata­n JLLT dinantikan warga karena diharapkan bisa mengurangi kemacetan di daerah Kedung Cowek.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia