Jawa Pos

Vaksinasi Lancar meski Sempat Terkendala Server

-

SURABAYA, Jawa Pos – Vaksinasi Covid-19 telah berlangsun­g di beberapa puskesmas di Surabaya Utara. Meski peserta tidak terlalu banyak, vaksinasi tetap berjalan lancar.

Dokter umum Puskesmas Krembangan Selatan dr Dian Pusparini menyatakan, secara keseluruha­n vaksinasi berjalan lancar. Ada satu kendala saat vaksinasi berlangsun­g, yakni registrasi.

’’Tahun lahirnya yang muncul di aplikasi itu tahun 2020. Jadi, nggak cocok,’’ ujarnya. Menurut perempuan yang juga ketua tim vaksinasi Puskesmas Krembangan Selatan tersebut, permasalah­an teknis itu terjadi di server pusat. Sebab, lanjut dia, seluruh peserta telah menuliskan data dengan baik dan benar.

Dian mengungkap­kan, tahun lahir yang menyebut 2020 itu tidak dapat diubah lagi. Sebab, kata dia, yang dapat mengubah tahun tersebut hanyalah tim vaksinasi pusat. Pihaknya lantas berkoordin­asi dengan Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Akhirnya, vaksinasi bisa dilangsung­kan dengan pendataan manual.

’’Tetap divaksin karena sudah sesuai dengan syarat dan dapat SMS itu dari pusat. Kan hanya masalah kecil,’’ jelasnya. Pelaksanaa­n vaksin pun tidak terlalu lama. Tidak kurang dari satu jam. Hal itu sudah sesuai dengan ketentuan observasi setelah vaksinasi.

Kemarin (15/1) Dian menyelesai­kan vaksinasi untuk tiga peserta sekaligus. Lalu, hari ini Puskesmas Krembangan Selatan akan melangsung­kan suntik vaksin kepada lima tenaga kesehatan (nakes). Untuk Senin, pihaknya bakal melakukan vaksinasi kepada dua peserta.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Krembangan Selatan dr Erna Mindarti mengatakan, ada dua nakes yang melangsung­kan suntik vaksin. Namun, hanya satu nakes yang gagal divaksin. ’’Satu lainnya terkendala penyakit penyerta sehingga vaksin tidak diberikan,’’ tuturnya.

Kan

DOKTER DIAN PUSPARINI

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia