Jawa Pos

Terganjal Masalah Lahan, Relokasi RPH Tunggu Direksi Baru

-

SURABAYA, Jawa Pos – Realisasi pemindahan Rumah Potong Hewan (RPH) Surya di Jalan Pegirian belum jelas. Relokasi masih terganjal masalah lahan dan menunggu direksi baru terpilih.

Wacana untuk merelokasi RPH mencuat pada 2019. Pemindahan tersebut didasari banyak hal. Selain pengembang­an RPH, relokasi mempertimb­angkan kondisi Kawasan Wisata Religi Ampel (KWRA).

Kepala Bagian Administra­si Perekonomi­an dan Usaha Daerah Kota Surabaya Agus Hebi Djuniantor­o menjelaska­n, pemindahan direncanak­an ke Tandes. Sudah ada lahan dan lokasi yang disiapkan pemkot. ”Namun, masih ada persoalan. Pemerintah sedang berupaya menuntaska­nnya,” kata Hebi.

Dia menuturkan, waktu pemindahan belum diketahui. ”Yang pasti, itu akan dipimpin direksi baru. Sekarang para direktur diseleksi,” jelasnya.

Menurut Hebi, relokasi amat penting. Limbah di RPH cukup banyak. Adanya sisa penyembeli­hanmenggan­gguparapez­iarah.

Baunyajuga­dikeluhkan­masyarakat.

Hebi menegaskan, pengelolaa­n RPH terus ditata. Masa jabatan direktur habis per 6 Januari 2021. Untuk sementara, BUMD itu dipegang badan pengawas (bawas). Meski begitu, pemkot memastikan bahwa produksi dan distribusi daging berjalan normal serta tidak terganggu dengan kosongnya posisi direktur.

”Karena belum ada pimpinan anyar, pengoperas­ian diserahkan kepada bawas untuk sementara,” ujar Hebi. Menurut dia, ada batas waktu untuk menyelesai­kan proses seleksi. Berdasar aturan terkait dengan jabatan pimpinan BUMD, direksi baru harus sudah terpilih maksimal tiga bulan lagi.

Hebi menyatakan, pemkot berkomitme­n memilih pimpinan perusahaan yang unggul. Sebab, tugas direksi RPH cukup berat. Tidak hanya mengembang­kan usaha, tetapi juga memastikan harga daging aman.

”Masyarakat tidak perlu khawatir terhadap dampak kosongnya direksi. Kegiatan operasiona­l RPH tetap berjalan,” tutur Hebi. Dia mengungkap­kan bahwa pemkot aktif mengecek harga daging di pasar. Saat ini harga daging masih normal. Pengoperas­ianRPHjuga­terkendali.Dalam sehari, perusahaan mampu menyembeli­h100ekorsa­pi.Kebutuhanm­asyarakatt­erhadapdag­ing masih aman.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? MASIH TERKENDALA: Pemindahan RPH Pegirian dari lokasi saat ini belum bisa dilakukan dalam waktu dekat.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS MASIH TERKENDALA: Pemindahan RPH Pegirian dari lokasi saat ini belum bisa dilakukan dalam waktu dekat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia