Jawa Pos

Tempatkan Petugas untuk Halau Kerumunan di Jembatan Joyoboyo

-

SURABAYA, Jawa Pos – Proyek jembatan Joyoboyo sudah rampung. Kemarin (15/1) tinggal delapan petugas yang bekerja untuk perbaikan beberapa detail. Dinas pekerjaan umum bina marga dan pematusan (DPUBMP) menempatka­n satgas untuk menghalau kerumunan.

Pelaksana proyek jembatan Joyoboyo Taufan Wibowo menjabarka­n, saat ini pengerjaan jembatan telah rampung. Secara administra­tif, proyek tersebut juga telah diserahkan ke pemkot pada 28 Desember lalu. ’’Ini tinggal benerin revisi-revisi,’’ jelasnya.

Beberapa pembatas jembatan membutuhka­n perbaikan. Juga, bagian kaca pembatasny­a. Selain itu, pengecatan di beberapa sisi yang luntur. Proses perbaikan memang menjadi tanggung jawab pelaksana proyek. Sesuai kontrak, pelaksana bertanggun­g jawab melakukan perbaikan selama setahun.

Saat ini jembatan itu sebenarnya sudah bisa dilewati. Namun, kewenangan pembukaan sepenuhnya berada di pemkot. ’’Untuk lanjut pembukaan, bisa konfirmasi ke pemkot,’’ terangnya. Saat ini pelaksana proyek hanya berfokus pada perbaikan yang kurang-kurang.

Taufan mengatakan, hingga kemarin sesuai instruksi pemkot, akses jembatan ditutup. Lampu penerangan pun tidak boleh dinyalakan lebih dulu saat malam untuk menghindar­i adanya kerumunan warga yang melihat jembatan sepanjang 150 meter itu.

Pantauan di lapangan menunjukka­n, DPUBMP membangun pos penjagaan sementara di sisi selatan jembatan. Dua petugas tampak berjaga di bawah tenda. ’’Tugas kami menghalau jika ada warga yang masuk ke area jembatan,’’ kata Khoirul, petugas yang berjaga.

Selama berjaga, beberapa kali petugas menegur beberapa anak yang bermain. Di antaranya, naik ke area atas jembatan dan bermain air di kolam renang. Mereka langsung ditertibka­n dan diminta untuk kembali karena berbahaya. Pos satgas DPUBMP mulai didirikan pada Kamis (14/1). Pos tersebut dijaga bergantian oleh petugas.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? DILARANG MELINTAS: Anggota Satgas DPUBMP Surabaya Khoirul dan Didit berjaga di dekat pos jembatan Joyoboyo kemarin.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS DILARANG MELINTAS: Anggota Satgas DPUBMP Surabaya Khoirul dan Didit berjaga di dekat pos jembatan Joyoboyo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia