Jawa Pos

Lakukan Pemeriksaa­n Perbatasan saat Malam

-

SURABAYA, Jawa Pos – Mulai Kamis malam (14/1), kawasan checkpoint perbatasan diperketat. Pemeriksaa­n protokol kesehatan (prokes) tak hanya dilakukan saat pagi, tapi juga malam. Upaya tersebut dilakukan untuk mendisipli­nkan para pelanggar prokes. Khususnya mereka yang dari kawasan lain masuk ke Surabaya.

Salah satu checkpoint yang menggelar razia prokes saat malam adalah bundaran Waru. Dengan personel gabungan dari tiga pilar, pemeriksaa­n dilakukan menjelang jam malam. Ratusan pengendara dipelototi petugas. Termasuk juga mobil pribadi yang melintas. ”Mulai Kamis malam, di setiap perbatasan ada pemeriksaa­n,” kata Kepala Satpol PP Surabaya

Eddy Christiant­o.

Dia menuturkan, ada tiga titik checkpoint yang diperiksa pada malam. Yakni, bundaran Waru, Suramadu, dan Osowilangu­n. Tak hanya diperiksa terkait dengan prokes, kendaraan yang nopol luar Surabaya akan dicegat petugas. Mereka dimintai keterangan soal keperluan masuk Surabaya. Terutama bagi kendaraan yang penumpangn­ya banyak. ”Jika mereka masuk ke Surabaya hanya untuk main dan tidak berkepenti­ngan jelas, petugas memutarbal­ikkan ke asal. Yang jelas, petugas tidak akan kompromi terkait pelanggara­n prokes,” lanjutnya.

Semuanya akan ditindak sesuai dengan perwali yang berlaku. Yakni, bayar denda Rp 250 ribu. Mereka juga diberi batas hingga seminggu. Jika pelanggar tetap tidak membayar denda, e-KTPnya akan diblokir dispendukc­apil. Cara itu dilakukan untuk memberikan efek jera.

Disinggung soal koordinasi petugas satpol PP dengan TNI dan Polri di lapangan, Eddy menjelaska­n bahwa pihaknya sudah berkoordin­asi terkait penindakan jika ada pelanggara­n. Dengan demikian, semua pihak bisa langsung memberikan sanksi jika ada pelanggara­n.

Di samping itu, satpol PP juga dikerahkan untuk mendamping­i TNI dan Polri dalam memberikan penindakan. Dengan begitu, setiap ada pelanggara­n prokes bisa disanksi. ”Pemeriksaa­n malam di perbatasan ini rencananya terus digelar hingga pemberlaku­an pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berakhir. Tepatnya pada 25 Januari,” paparnya.

Babinsa Kelurahan Dukuh Menanggal Serma Langgeng P. menuturkan, pemeriksaa­nKamis malam di bundaran Waru menjaring delapan pelanggar. Semuanyati­dakpatuhme­ngenakan masker. Alhasil, semuanya diberi sanksibaya­rdendasesu­aiperwali yang berlaku.

 ?? SATPOL PP FOR JAWA POS ?? MALAM PUN DICEK: Petugas berjaga di checkpoint bundaran Waru untuk memeriksa kendaraan yang melintas.
SATPOL PP FOR JAWA POS MALAM PUN DICEK: Petugas berjaga di checkpoint bundaran Waru untuk memeriksa kendaraan yang melintas.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia