Jawa Pos

Bikin Program untuk Warga Kampus hingga Masyarakat Umum

-

PUSTAKAWAN Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Al Hikmah Rizka Pratiwi juga punya cara yang inovatif. Demi menggencar­kan literasi dalam kondisi sulit sekalipun. Cara yang ditempuhny­a pun terbilang cukup menyenangk­an.

Sebut saja lewat program bernama Literasi Bersama Keluarga (Siaga). ”Siaga di-setting menjadi kontes foto bernuansa kegiatan literasi yang bisa diikuti

civitas academica kampus. Dua orang pemenangny­a pun berhak memperoleh voucher belanja,” katanya.

Rizka juga membentuk program Pustakawan Menyapa dengan kegiatan utama berupa pelatihanp­elatihan d aring. Antara lain, pelatihan pada mahasiswa untuk bisa mengakses artikel ilmiah secara gratis dan legal.

Hal tersebut berguna sebagai asupan referensi yang membantu perkuliaha­n daring. Dia pun melengkapi pelatihan itu dengan membuat video tutorial yang diunggah lewat kanal YouTube. ”Pustakawan di era pandemi ini benar-benar harus berpikir dan bisa bertindak sebagai content creator. Mbuh yok opo carane biar pelayanan perpustaka­an dan kegiatan literasi tetap hidup,” tegasnya.

Ruang gerak Rizka dalam menyebarka­n virus cinta literasi pun tidak sebatas di dalam kampus. Tetapi juga merambah hingga masyarakat luas. Perempuan 27 tahun itu membentuk Kampung Literasi Sawunggali­ng, Sidoarjo.

”Di sana saya buat kotak buku kejujuran untuk anak-anak. Juga buat ibu-ibu ada pelatihan literasi informasi supaya bisa kritis memilih fakta dan hoax. Kegiatan di Kampung Literasi juga termasuk mendongeng, story telling, dan membuat prakarya bersama,” papar juara III Pustakawan Berprestas­i Terbaik 2020 oleh Perpusnas Indonesia.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia