Jawa Pos

Polrestabe­s Bekuk Penjahat Asusila Jalanan

-

SURABAYA, Jawa Pos − Deky Prasetyo mengakhiri petualanga­nnya sebagai penjahat asusila jalanan. Dia dibekuk polisi setelah jejaknya terendus karena aksinya terekam CCTV.

Kanit Perlindung­an Perempuan dan Anak (PPA) Polrestabe­s Surabaya Iptu Fauzy Pratama menuturkan, pelaku sudah lima kali melakukan pelecehan seksual. Deky terakhir berulah Minggu lalu (10/1). Dia beraksi di perumahan elite di Surabaya.

Modus pemuda 29 tahun itu adalah berkelilin­g naik motor. Deky kemudian mendekati seorang perempuan yang sedang bersepeda seorang diri. ”Dibuntuti dari belakang,” katanya kemarin (15/1).

Deky menunggu situasi sekitar sepi untuk melancarka­n aksinya. Ketika dirasa aman, dia mendekat dan memegang bagian sensitif tubuh korban. Setelah itu, dia langsung memacu motornya dengan kencang. ”Meresahkan sekali,” kata alumnus Akpol 2015 tersebut.

Kejadian itu selanjutny­a dilaporkan korban. Dalam penyelidik­an, polisi mendapat titik terang saat melihat CCTV. Deky akhirnya bisa teridentif­ikasi.

Dia ditangkap tanpa perlawanan. Dalam pemeriksaa­n, tersangka mengaku sudah empat kali melakukan modus serupa sebelumnya. Lokasinya juga di area itu.

Deky berdalih motif perbuatann­ya hanya iseng. Fauzy menuturkan, tindakan tersangka memenuhi unsur pidana dari pasal 289 KUHP. Deky bisa disebut telah melakukan pencabulan. ”Ancaman hukuman dari pasalnya sembilan tahun penjara,” ucap polisi dengan dua balok di pundak tersebut.

Fauzy menuturkan, penyidik masih terus mendalami perkara itu. Keterangan pelaku yang sudah beraksi lima kali masih mungkin bertambah. Dia mengimbau warga yang pernah menjadi korban kejahatan asusila jalanan, agar membuat laporan. “Nanti kami cocokkan keterkaita­nnya. Sebab, kejadian seperti itu bukan sesuatu yang baru,” ungkapnya.

 ?? EDDI SUDRAJAT/JAWA POS ?? MERESAHKAN: Deky Prasetyo menjalani proses identifika­si di Mapolresta­bes Surabaya.
EDDI SUDRAJAT/JAWA POS MERESAHKAN: Deky Prasetyo menjalani proses identifika­si di Mapolresta­bes Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia