Jawa Pos

Batuk, Minta Air, Mencuri, lalu Kabur

Modus Pencurian sebagai Tamu

-

SURABAYA, Jawa Pos - Achmad Fauzy mendekam di penjara karena mencuri di rumah pengusaha katering. Dalam aksinya, pria 50 tahun itu awalnya menyaru sebagai pemesan. Dia memanfaatk­an kelengahan pemilik rumah.

Warga Jalan Bronggalan Sawah itu membawa kabur uang dan ponsel dari rumah korban. Namun, pelarianny­a tidak berlangsun­g lama. ”Kami tangkap tersangka di rumahnya,” ujar Kanitreskr­im Polsek Genteng Iptu Sutrisno kemarin (15/1).

Fauzy, kata dia, mencuri di Jalan Kanginan. Dia sebenarnya mengincar tempat kos sebagai sasaran. Namun, sasarannya berganti karena tidak kunjung mendapat gambaran terang. ”Dialihkan ke rumah pengusaha katering,” tuturnya.

Fauzy mendatangi rumah korban. Dia mengaku ingin memesan katering. Dalihnya, ada saudara yang akan mempunyai hajatan. Sutrisno menjelaska­n, tersangka sempat menanyakan menu dan harga katering kepada pemilik rumah. Hingga akhirnya, dia memulai akal bulusnya. Fauzy batuk-batuk di tengah percakapan. ”Mengaku sedang tidak enak badan. Minta air hangat,” jelasnya.

Korban yang tidak curiga kemudian pergi ke dapur. Fauzy lantas memanfaatk­annya dengan masuk ke kamar yang berdekatan dengan ruang tamu. Dia mengambil uang dan ponsel. Lalu, pergi tanpa pamitan.

Kejadian itu dilaporkan korban ke polsek. Keberadaan pelaku kemudian ditelusuri. Dia diketahui tinggal di Jalan Bronggalan Sawah. Fauzi selanjutny­a diamankan.

Sutrisno menuturkan, dalam penangkapa­n itu, pihaknya menemukan ponsel korban sebagai barang bukti. Namun, uang yang dicuri sudah habis dipakai. ”Diduga sudah sering beraksi karena aksinya tergolong nekat,” ungkapnya. Sutrisno mengaku sudah berkoordin­asi dengan polsek lain. Dia ingin mempelajar­i laporan pencurian di tempat lain dengan modus yang sama.

 ?? EDDI SUDRAJAT/JAWA POS ?? MODUS: Achmad Fauzy memegang barang bukti yang belum terjual.
EDDI SUDRAJAT/JAWA POS MODUS: Achmad Fauzy memegang barang bukti yang belum terjual.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia