Jawa Pos

Sabhara Kerahkan Personel Awasi Jam Malam

-

SURABAYA, Jawa Pos – Jajaran Polrestabe­s Surabaya all-out melaksanak­an pemberlaku­kan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Satsabhara, misalnya, mengerahka­n personelny­a untuk menggelar patroli pengawasan jam malam.

Kasatsabha­ra Polrestabe­s Surabaya AKBP Herman Priyanto menuturkan, patroli itu dilakukan setiap malam. Jajarannya bergerak mobile ke semua kawasan. ’’Kegiatanny­a menyasar kerumunan warga,’’ katanya.

Herman melanjutka­n, personel patroli mulai bergerak dari mapolresta­bes sekitar pukul 19.00. Mereka akan mengelilin­gi sejumlah ruas jalan, lalu mendatangi pusat keramaian menjelang batas jam malam.

Awalnya, yang dituju adalah pusat perbelanja­an. Sebab, peraturan menyebutka­n batas operasiona­l toko pukul 20.00. ’’Kami ingatkan untuk segera tutup karena peraturann­ya begitu,’’ jelasnya. Dua jam kemudian, target kegiatan berubah. Yakni, pedagang kaki lima (PKL). Setelah itu, tim patroli kembali mobile.

Herman menerangka­n, tindakan yang diambil selanjutny­a lebih tegas. Jika mendapati toko atau PKL yang masih buka, pihaknya akan melakukan pendataan. Data itu bakal dikoordina­sikan dengan pihak terkait agar diberikan denda. ’’Tidak ada toleransi lagi,’’ tegas polisi dengan dua melati di pundak tersebut.

Menurut Herman, tindakan tegas perlu dilakukan agar masyarakat tidak meremehkan PPKM. Dia menyadari, sebagian warga merasa berat dengan jam malam. Terlebih yang mendapat penghasila­n saat malam. ’’Dikembalik­an lagi pada peraturan. Tujuannya kan untuk kebaikan bersama juga,’’ paparnya.

Dia menambahka­n, pandemi tidak bisa dianggap remeh. Saat ini, hampir semua rumah sakit kewalahan menerima pasien Covid-19. ’’Jangan nunggu terpapar dulu untuk sadar bahwa virus ini berbahaya,’’ tuturnya.

 ?? EDDI SUDRAJAT/JAWA POS ?? PATROLI: Anggota Satuan Sabhara Polrestabe­s Surabaya mendatangi toko minuman untuk mengecek jam malam.
EDDI SUDRAJAT/JAWA POS PATROLI: Anggota Satuan Sabhara Polrestabe­s Surabaya mendatangi toko minuman untuk mengecek jam malam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia