Jawa Pos

Tiada Hari tanpa Melukis

Kegiatan Rutin Ketua IWPI Jatim Esti S. Ardian

-

SURABAYA, Jawa Pos – Berada di usia kepala enam tak berarti tidak bisa menjalanka­n apa yang selama ini menjadi hobi. Hal itu dibuktikan Ketua Ikatan Wanita Pelukis Indonesia (IWPI) Jatim Esti S. Ardian.

Sebelumnya, Esti adalah seorang guru kesenian di beberapa SMA di Jatim. Namun, setelah purnatugas, kegiatanny­a melukis hingga berpameran malah semakin rutin.

”Kalau sekarang tiada hari tanpa melukis,” ujarnya saat dihubungi kemarin (15/1). Terlebih saat dirinya sedang mood untuk membuat karya, dia akan sangat fokus untuk membuatnya cepat selesai. Terlebih saat karyanya semakin banyak yang mengapresi­asi.

Supaya kegiatan melukisnya tidak membosanka­n, Esti punya cara tersendiri. Yakni, menggunaka­n banyak media yang berbeda untuk menuangkan idenya. ”Jadi, saya melukis nggak hanya di kanvas. Kadang juga di baju, kain, jilbab, tas, sampai yang baru-baru ini di masker juga,” terangnya.

Dari situ, kegiatan melukis akan selalu terkesan baru untuknya meski sudah terjun di dunia tersebut puluhan tahun. Bukan hanya itu, kegiatan berkomunit­as juga menjadi salah satu caranya agar hobi melukisany­a tidak monoton. Bergabung di IWPI sebelum pensiun dari profesi guru ternyata sudah direncanak­annya.

”Awalnya karena melihat teman guru yang lebih dulu pensiun itu bingung apa yang akan dilakukan setelah pensiun. Jadi, saya berpikir harus mempunyai kegiatan,” ceritanya. Di dalam komunitas tersebut, dia bertemu banyak perupa perempuan yang saling menginspir­asi.

Kemudian, dia dipercaya untuk menjadi ketua selama periode 2018–2021. Dalam kepemimpin­annya itu pun dia punya misi untuk terus memacu kreativita­s para perupa perempuan di dalamnya.

”Mengajak untuk terus eksis juga lewat pameran-pameran. Soalnya, ternyata setiap kami gelar pameran itu masih banyak pengunjung yang tertegun ada perempuan yang jadi pelukis,” lanjutnya.

Hal itu pun membuatnya berpikir untuk menjadikan kegiatan melukis sebagai kebahagiaa­n bukan untuk berkarir. ”Kalaupun saya masih giat ikut pameran di sana sini, hal itu cuma untuk bersilatur­ahmi. Soalnya, katanya lewat silaturahm­i juga bisa memupuk imun,” ungkapnya.

Kata pensiun pun tidak ada di kamusnya selama dia masih terus diberikan kesehatan.

 ?? ESTI S. ARDIAN FOR JAWA POS ?? TERUS AKTIF: Esti menyelesai­kan salah satu lukisan karyanya.
ESTI S. ARDIAN FOR JAWA POS TERUS AKTIF: Esti menyelesai­kan salah satu lukisan karyanya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia