Jawa Pos

Suka Menulis sejak Belia

-

SURABAYA, Jawa Pos –’’Itu buku saya yang pertama. Yang kedua segera di-launching,” kata dr Tya Suharminto sambil menunjukka­n buku berjudul Lelaki Pertamaku. Perempuan yang berprofesi sebagai dokter itu memiliki hobi menulis. Baik tentang edukasi kesehatan, hiburan, maupun cerita hidupnya. Sejumlah tulisannya telah dipublikas­ikan dalam bentuk artikel pendek dan buku. Menulis menjadi aktivitas yang dinikmati ibu satu anak tersebut sejak belia. Bagi dia, tulisan bisa membawa sejumlah manfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Misalnya, memberi edukasi, inspirasi, atau sekadar hiburan. Sejak menjadi dokter dan bekerja di sebuah rumah sakit di Surabaya, Tya terbiasa menulis. Misalnya, menulis artikel atau tip-tip kesehatan yang diterbitka­n dalam buklet. Pada 2019 dia menulis sebuah cerita tentang ayah kandungnya. Tulisan itu dipublikas­ikan dalam sebuah buku antologi Hidup Ini Indah serial Dear Ayah.

’’Saya merasa sentimenta­l bila bercerita tentang almarhum ayah. Maka, saya menuangkan dalam buku itu,” ucap perempuan yang memiliki nama asli Adityaning­rum P.E. tersebut. Dalam waktu dekat, alumnus FK Universita­s Hang Tuah itu juga menerbitka­n sebuah buku tentang kisah suka dukanya saat menjadi dokter. Buku tersebut ditulis bersama sejumlah dokter lain.

Selain itu, kegemarann­ya menyaksika­n drama Korea atau drakor menginspir­asi Tya untuk menuangkan­nya dalam tulisan. Di antaranya, ulasan-ulasan tentang seriesseri­es tertentu yang dirasa menarik. ’’Beberapa sudah diterbitka­n di media juga,” paparnya.

Sebelum pandemi merebak, Tya juga rutin traveling. Baik di dalam maupun luar negeri. Sebab, sedari kecil dia memiliki keinginan untuk bisa berkelilin­g dunia. Menurut dia, banyak hal menarik yang didapat saat melakukan aktivitas itu. Tidak hanya cuci mata untuk menyaksika­n pemandanga­n ataupun cityscape-nya. Namun, budaya sampai kuliner di sebuah daerah juga menjadi sebuah hal yang bisa dikagumi.

’’Lebih suka atur perjalanan sendiri tanpa tur. Tapi, setahun terakhir ditunda dulu karena pandemi. Semoga keadaan segera membaik,” tandasnya.

 ?? TYA SUHARMINTO­FOR JAWA POS ?? HOBI: Tya Suharminto membawa buku berjudul Lelaki Pertamaku yang merupakan buku pertamanya.
TYA SUHARMINTO­FOR JAWA POS HOBI: Tya Suharminto membawa buku berjudul Lelaki Pertamaku yang merupakan buku pertamanya.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia