Jawa Pos

Tiap Angkat Jenazah, Terbayang Kesedihan Keluarga Korban

- SAHRUL YUNIZAR,

Dari pagi sampai sore, para penyelam militer dan sipil bahu-membahu mencari korban pesawat Sriwijaya Air yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu. Ada yang sukarela datang dari Makassar, pamit anak-istri karena merasa terpanggil.

BELASAN hingga puluhan meter di dalam laut, keharuan itu tetap saja menyeruak. Tiap kali ada jenazah yang berhasil ditemukan.

’’Selalu terbayang kesedihan keluarga yang ditinggalk­an,” kata

Budi Cahyono, salah seorang penyelam POSSI (Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia).

Maka, yang bisa dilakukan Budi dan para penyelam lain yang tergabung dalam operasi SAR

(search and rescue) Sriwijaya Air SJ182 adalah memperlaku­kan semua jenazah dengan hormat

Mengambiln­ya dengan pelan dan hati-hati, lalu memasukkan­nya ke kantong plastik.

Kesedihan memang tidak serta-merta hilang. Tapi, setidaknya keluarga korban di rumah punya kesempatan untuk memberikan penghormat­an terakhir.

Tugas kemanusiaa­n itulah yang membuat begitu banyak orang, militer dan sipil, terpanggil. Rela berhari-hari berjibaku di dalam laut untuk mencari korban dan pesawat yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu Sabtu lalu (9/1) itu.

* Jadwal sudah tersusun. Pasukan dan kapal siap sedia, undangan juga telah disebar. Panglima Komando Armada (Koarmada) I Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid Kacong sudah dijadwalka­n memimpin apel besar.

Tapi, agenda Hari Dharma Samudera di Dermaga Jakarta Internatio­nal Container Terminal (JICT), Tanjung Priok, Jakarta Utara, itu buyar begitu kabar jatuhnya Sriwijaya Air SJ182 yang mengangkut 62 orang menyebar. TNI-AL membatalka­nnya, menggantin­ya dengan agenda sederhana.

KRI Dewaruci yang disiapkan berlayar untuk acara tabur bunga berdiam diri di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil). Sore itu, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono memerintah seluruh jajaran Angkatan Laut mengerahka­n kekuatan penuh untuk mencari pesawat yang hilang kontak dan tenggelam empat menit setelah take off dari Bandara SoekarnoHa­tta, Tangerang, tersebut.

Malamnya KRI Teluk Gilimanuk-531 langsung bergerak ke titik jatuh. Membawa prajurit Komando Pasukan Katak (Kopaska) berkualifi­kasi penyelam. Kapal-kapal TNI-AL yang bersiaga didatangka­n, tenda-tenda posko didirikan.

Berbagai instansi pemerintah, swasta, dan organisasi non pemerintah berdatanga­n. Mendaftar untuk ikut ambil bagian. ”Saya sudah di Merak, mau istirahat semalam di rumah langsung cari travel ke Jakarta. Motor ditinggal,” kata salah seorang awak KRI Tjiptadi-381.

Kapal perang yang terkenal dengan aksi heroiknya di perairan Natuna Utara beberapa bulan lalu itu ikut bergabung dalam misi kemanusiaa­n tersebut. Padahal, kapal itu sebenarnya sedang ’’istirahat”.

Penyelam-penyelam terbaik TNI-AL dari Detasemen Jala Mangkara (Denjaka), Batalyon Intai Amfibi (Taifib) Korps Marinir, Dinas Penyelamat­an Bawah Air (Dislambair) bekerja sama dengan Kopaska dikirim ke lokasi kejadian.

Setiap hari sejak pesawat bernomor penerbanga­n SJ182 itu menghunjam laut yang berada di antara Pulau Lancang dan Pulau Laki, para penyelam tersebut bekerja. Menjelang matahari terbit, mereka sudah berada di atas sea rider atau speedboat.

Bergerak ke titik jatuh. Kemudian bergantian menyelam di titik-titik yang terdeteksi ada bagian-bagian pesawat di dasar laut. Sampai menjelang malam, mereka tidak henti-henti bekerja.

”Selama 30 sampai 40 menit menyelam, naik lagi, diganti (penyelam) lagi. Terus-menerus gitu,” kata Yudo.

Orang nomor satu di TNI-AL tersebut menyatakan, sedikitnya ada 153 penyelam TNI-AL yang terlibat dalam operasi SAR Sriwijaya Air. Mereka hanya berhenti bertugas bila ada tanda bahaya atau peringatan dari posko dan pusat komando. Bila tidak ada, hujan maupun gelombang tidak bisa menghentik­an mereka.

”Saya tinjau, ombaknya agak besar, saya tanya, ada kendala nggak? Nggak, Pak. Di laut ombak itu biasa, yang nggak ombak di kolam,” jelas Yudo yang menirukan jawaban anak buahnya.

Sepuluh hari pencarian berlangsun­g, kondisi bawah permukaan laut tentu berubah. Bagian-bagian pesawat sudah terendam cukup dalam. ”Lumpur di dasar laut dengan ketebalan sekitar 1 meter,” kata Serma Marinir Hendra Syahputra yang berasal dari Batalyon Taifib 1 Korps Marinir.

Belum lagi ada potonganpo­tongan pesawat yang tajam. Dia dan penyelam lain harus berhati-hati agar tidak terluka.

Ratusan penyelam TNI-AL juga dibantu penyelam sipil. Di antaranya, para penyelam profesiona­l dari POSSI yang dikoordina­si Budi Cahyono. Mereka termasuk yang langsung menyatakan siap membantu saat Badan SAR Nasional (Basarnas) membuka posko di JICT.

Seperti penyelam-penyelam TNI-AL, penyelam dari POSSI juga berangkat pagi dan kembali sore. Dalam operasi SAR Sriwijaya Air, mereka tidak menumpang kapal Basarnas atau TNI-AL.

Mereka menggunaka­n speedboat sendiri yang base-nya berada di Pantai Mutiara, Penjaringa­n. Setiap hari, ada tujuh penyelam yang ikut ke lokasi pencarian.

Aji Panangean, salah seorang penyelam POSSI, merasa bangga bisa ikut bergabung menjadi relawan. Sebelumnya, dia juga ikut dalam operasi SAR Lion Air yang jatuh di perairan Karawang dua tahun lalu.

”Saya ingin memanfaatk­an ilmu yang ada untuk kemanusiaa­n,” imbuh Aji.

Karena itu, dia tidak ragu sama sekali berangkat dari Makassar ke Jakarta untuk memberikan bantuan kepada tim yang berjibaku dalam misi pencarian Sriwijaya Air PKCLC. ”Yang penting anak dan istri sudah mengizinka­n. Kami pamit bahwa kami terpanggil untuk ikut,” tambah dia.

* Kegigihan semua pihak yang tergabung dalam operasi SAR Sriwijaya Air mewujud temuantemu­an berharga. Sebanyak 310 kantong jenazah, 60 kantong serpihan kecil pesawat, 55 potongan besar pesawat, black box berisi FDR, dan cangkang atau bagian luar cockpit voice recorder (CVR) sudah didapatkan.

Temuan-temuan itu sangat penting bagi keluarga korban. Juga berpengaru­h besar dalam upaya KNKT menginvest­igasi kecelakaan pesawat tersebut. Kemarin (18/1) Basarnas juga menambah waktu operasi SAR selama tiga hari. Mulai hari ini (19/1) sampai Kamis nanti (21/1).

Dan, Soffi, Hendra, Iwan, Budi, Aji, dan semua penyelam lain pun siap kembali masuk ke laut, menghadapi ombak, bertemu lumpur yang mengganggu pandangan, dan risiko terluka benda-benda tajam serpihan bodi pesawat.

”Kami yang terjun di lapangan tidak mengharapk­an apa-apa. Harapan saya dan tim, keluarga korban selalu mendoakan para korban supaya dapat beristirah­at dengan tenang di sisi Tuhan yang Maha Esa,” kata Soffi.

 ?? FEDRIK TARIGAN/JAWA POS ??
FEDRIK TARIGAN/JAWA POS
 ?? FEDRIK TARIGAN/JAWA POS ?? BERHARI-HARI MENYELAM: Personel tim penyelam TNI-AL dari Denjaka menunjukka­n temuannya di perairan di antara Pulau Laki dan Pulau Lacang, Kepulauan Seribu, (10/1). Foto kanan, tim penyelam TNI-AL menemukan serpihan bodi pesawat, mesin pesawat, dan hidrolik kabin penumpang.
FEDRIK TARIGAN/JAWA POS BERHARI-HARI MENYELAM: Personel tim penyelam TNI-AL dari Denjaka menunjukka­n temuannya di perairan di antara Pulau Laki dan Pulau Lacang, Kepulauan Seribu, (10/1). Foto kanan, tim penyelam TNI-AL menemukan serpihan bodi pesawat, mesin pesawat, dan hidrolik kabin penumpang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia