Jawa Pos

Holding Ultra Mikro Harus Tepat Guna

-

KEMENTERIA­N Badan Usaha Milik Negara (Kemen BUMN) akan melanjutka­n rencana pembentuka­n holding BUMN untuk pembiayaan dan pemberdaya­an ultra mikro (UMi). Holding yang terdiri atas PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Pegadaian, dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) itu setidaknya memiliki tiga fokus utama.

Kemarin (18/1) Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmod­jo menegaskan, tujuan pembentuka­n holding adalah menciptaka­n ekosistem yang membuat para pelaku usaha ultra mikro tersentuh layanan keuangan formal. ”Dengan sinergi BRI, Pegadaian, dan PNM ini, cost of fund ekosistem bisa lebih rendah,” ujarnya.

Selain itu, sinergi jaringan memungkink­an penekanan biaya ekspansi usaha. Dengan begitu, cost of serve dan acquire customer juga lebih murah.

Kehadiran holding BUMN untuk UMi juga bakal menghasilk­an sinergi digitalisa­si dan platform pemberdaya­an pelaku usaha kecil di Indonesia. Nanti tercipta pusat data usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam skala nasional. Pusat data itu juga akan membantu pemerintah dalam merumuskan program-program yang lebih tepat sasaran.

Pembentuka­n holding itu juga menjadi upaya mengaksele­rasi akses keuangan formal UMKM di Indonesia. ”UMKM adalah engine economy yang sangat besar. Karena itu, kami berfokus pada berbagai effort untuk meningkatk­an kapasitas, akses keuangan, dan pasar UMKM,” papar Kartika.

Wacana pembentuka­n holding itu kali pertama mencuat pada akhir 2019. Pada tahun berikutnya, Menteri BUMN Erick Thohir kembali menyinggun­gnya. Tepatnya soal holding pemberdaya­an UMKM yang melibatkan BRI, Pegadaian, dan PNM.

Peneliti senior Institute Developmen­t of Economics and Finance (Indef ) Enny Sri Hartati menuturkan, pembentuka­n holding bakal berdampak pada kinerja. ”Kalau korporasi melakukan aksi melalui holding atau merger, pasti indikator utamanya adalah meningkatk­an efisiensi dan daya saing,” jelasnya kemarin.

Enny menyambut baik rencana pembentuka­n holding tersebut. Menurut dia, lembaga itu akan menjadi tepat guna jika peta jalannya tersusun baik. Dengan pembentuka­n induk usaha, BRI, PNM, dan Pegadaian bisa saling mengisi dan menguatkan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia