Jawa Pos

Pantau Situasi Wilayah Rawan Bencana

Di Jember, Risma Datangi Daerah Terdampak Banjir

-

SURABAYA, Jawa Pos – Makin tingginya intensitas bencana di wilayah Jatim mendapat atensi pemprov. Gubernur Khofifah Indar Parawansa menginstru­ksi jajarannya untuk memantau kondisi terakhir daerah-daerah yang masuk kategori rawan. Instruksi itu bertujuan mempercepa­t proses penanganan jika bencana terjadi sewaktu-waktu.

Kepala Badan Penanggula­ngan Bencana Daerah (BPBD) Yanuar Rachmadi menyatakan, pemantauan sudah dilakukan bersama BPBD kabupaten/ kota. ’’Kami juga sudah menerjunka­n tim untuk membantu teknis penanganan bencana di daerah-daerah,’’ katanya.

Sejauh ini, bencana-bencana yang terjadi bisa ditangani. Selain itu, bantuan-bantuan yang disiapkan bagi warga terdampak sudah terdistrib­usi. Termasuk korban bencana erupsi Semeru dan banjir di sejumlah daerah.

Di sisi lain, kemarin (18/1) Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharin­i mendatangi wilayah terdampak banjir di Jember. Tepatnya Desa Bangsalsar­i, Kecamatan Bangsalsar­i, dan Desa Wonoasri, Kecamatan Tempurejo. Risma berkunjung ke sejumlah lokasi. Termasuk dapur umum Tagana Provinsi Jawa Timur. Dia juga memantau bantuan yang diturunkan dari truk BPBD Jatim.

Risma mengapresi­asi penanganan banjir di Jember. Dia mengakui, penanganan bencana di daerah Jawa tidak terlalu sulit. ’’Kalau di luar Jawa sulit sekali. Jarak tempuh antarkabup­aten bisa sampai 4–5 jam. Jadi, kalau kami kerahkan dari daerah lain agak sulit,’’ ujarnya.

Jalur komunikasi dan transporta­si di Jawa, menurut Risma, juga lebih bagus. Sementara itu, di luar Jawa lebih berat. Ketika mengirim bahan, pihaknya harus menggunaka­n kapal. Di sisi lain, untuk penyembuha­n trauma korban, Kementeria­n Sosial akan mengerahka­n tenaga psikolog guna membantu warga terdampak. ’’Kami akan bantu,’’ imbuh Risma.

 ?? JUMAI/JAWA POS RADAR JEMBER ?? MENEMANI MASAK: Menteri Sosial Tri Rismaharin­i (kiri) ikut membantu memasak di dapur umum yang didirikan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Provinsi Jawa Timur di Desa Wonoasri, Tempurejo, Jember, kemarin.
JUMAI/JAWA POS RADAR JEMBER MENEMANI MASAK: Menteri Sosial Tri Rismaharin­i (kiri) ikut membantu memasak di dapur umum yang didirikan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Provinsi Jawa Timur di Desa Wonoasri, Tempurejo, Jember, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia