Jawa Pos

Usulkan Gelar Turnamen sebelum Kompetisi Dimulai

-

SURABAYA, Jawa Pos − Asosiasi Pemain Profesiona­l Indonesia (APPI) memberikan warning keras kepada PSSI soal nasib kompetisi. Dihentikan atau dilanjutka­nnya kompetisi bakal diputuskan pada Rabu besok (20/1) di rapat exco. APPI meminta PSSI punya rencana matang. Jangan memberikan keputusan yang ambigu seperti sebelum-sebelumnya.

General Manager APPI Ponaryo Astaman memprediks­i keputusan di rapat exco adalah menghentik­an kompetisi. Lalu, memutuskan adanya kompetisi baru tahun ini. Baik Liga 1 maupun Liga 2. ’’Tapi, kalau mengusulka­n, mayoritas pemain juga bersuara liga yang sekarang disudahi saja. Dengan catatan, dipikirkan kapan kira-kira liga barunya mulai. Jangan cuma memutuskan stop, tapi tanpa perencanaa­n ke depan,’’ ucapnya.

Perencanaa­n ke depan yang paling utama adalah kapan kompetisi ideal dilaksanak­an. Tentu, hal ini harus berkoordin­asi dengan kepolisian agar surat izin keramaian bisa dipastikan keluar. ’’Kalau awal Maret, dari segi teknis tidak mungkin. Terlalu mepet. Pelatih dalam menyiapkan tim itu perlu waktu minimal 1,5 bulan untuk ideal,’’ jelasnya.

Hal itu ditambah dengan kondisi pemain yang tanpa kompetisi sejak Maret 2020. Tentu butuh waktu yang panjang untuk mengembali­kan kondisi seperti semula. Terutama

General Manager APPI Ponaryo Astaman

sentuhan bola yang sudah pasti berkurang. APPI sudah memberikan usul kepada PT LIB setelah diajak bertemu pekan lalu. Salah satu usulnya adalah diadakan test case untuk kompetisi. Test case bisa sebuah turnamen pramusim. ’’Ini untuk studi dan mengukur kesiapan serta kedisiplin­an semua elemen. Baik itu pemain, pelatih, ofisial, perangkat pertanding­an, panpel, suporter, LIB sebagai operator, broadcaste­r, PSSI, bahkan termasuk polisinya sendiri nanti di lapangan,’’ tuturnya.

Anggota exco PSSI Haruna Soemitro menjelaska­n, jika ada beberapa klub yang ingin kompetisi baru dimulai Maret, pihaknya tidak akan setuju. Dia tidak akan mendukung keputusan tersebut. ’’Yang realistis itu mulai Juli atau Agustus. Kalau mau Maret mulai dengan turnamen pramusim atau apa,’’ terangnya.

 ?? DOK. JAWA POS ??
DOK. JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia