Jawa Pos

Influencer Harus Pakai Masker

-

JURU Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaska­n bahwa dilibatkan­nya generasi muda dalam sosialisas­i protokol kesehatan dan vaksinasi perdana adalah agar bisa menjadi contoh bagi kaum milenial. Misalnya, artis Raffi Ahmad yang hadir dalam penyuntika­n vaksin perdana.

Dia berharap tokoh-tokoh muda dapat mendorong kalangan milenial agar turut serta menyuksesk­an program Satgas Covid-19. Dia berharap tokoh muda yang telah menjalani vaksinasi agar tidak lengah dalam menerapkan protokol kesehatan 3M. Yakni, memakai masker, menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan.

“Hal itu menjadi pelajaran penting, terutama untuk influencer. Kita harus terbuka terhadap segala kemungkina­n yang terjadi dengan melibatkan selebriti dan influencer, terlebih lagi ketika kami memiliki program besar seperti vaksinasi,” sebutnya.

Wiku berharap para tokoh muda yang memiliki banyak pengikut memberikan contoh yang baik dalam menerapkan protokol kesehatan, salah satunya selalu memakai masker saat berada di kerumunan.

”Tentu saja, kami sebenarnya berharap tokoh muda yang berpengaru­h bisa berperan untuk menjadi contoh bagi masyarakat muda. Sehingga kalangan muda akan dengan senang hati ikut mendukung program vaksinasi Covid-19,” jelas Wiku.

Dia berdalih pelibatan tokohtokoh muda dalam program vaksinasi sudah dilakukan dengan hati-hati. Karena itu, para tokoh muda tersebut seharusnya bisa bekerja sama dalam menjaga kesuksesan vaksinasi. Di sisi lain, para pengikutny­a pun akan teredukasi terkait dengan program vaksinasi Covid-19.

”Para tokoh muda itu tentu sangat berpengaru­h, terutama dalam berkomunik­asi dengan masyarakat. Bahwa apa yang dilakukan pemerintah penting untuk seluruh rakyat sehingga bisa dipahami,” jelas Wiku.

Menurut Wiku, para tokoh muda di manapun berada bisa ikut menjadi pahlawan dengan mendorong masyarakat di sekitarnya untuk patuh melaksanak­an protokol kesehatan (prokes). Pasalnya, pandemi Covid-19 tidak bisa begitu saja hilang setelah ada vaksin.

Disisi lain, Wiku juga meminta Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk tegas menegur pelaku hiburan yang tak taat protokol. Pasalnya, di televisi masih terlihat para artis yang hanya mengenakan pelincung muka (face shield) tanpa memakai masker.”Kita sudah bekerja sama dengan KPI. Mereka seharusnya menegur pelaku hiburan yang lalai.” tegasnya.

 ?? WWW.YOUTUBECOM/SEKRETARIA­T PRESIDEN ?? KLARIFIKAS­I: Artis Raffi Ahmad (tengah) telah meminta maaf kepada publik karena ikut dalam sebuah pesta tanpa mengenakan masker usai mendapat suntikan perdana vaksin Covid-19 di Istana Negara pada Rabu (13/1). Raffi berjanji akan lebih taat protokol kesehatan.
WWW.YOUTUBECOM/SEKRETARIA­T PRESIDEN KLARIFIKAS­I: Artis Raffi Ahmad (tengah) telah meminta maaf kepada publik karena ikut dalam sebuah pesta tanpa mengenakan masker usai mendapat suntikan perdana vaksin Covid-19 di Istana Negara pada Rabu (13/1). Raffi berjanji akan lebih taat protokol kesehatan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia