Jawa Pos

Pengajian dan Arisan Dibatasi dengan Ketat

Pakar Geologi Dorong Pemkot Segera Petakan Risiko Gempa

-

SURABAYA, Jawa Pos – Warga Kota Pahlawan semakin patuh pada protokol kesehatan (prokes) sebagai langkah penanggula­ngan Covid-19. Kepatuhan masyarakat itu terlihat di perkampung­an yang dikendalik­an Satgas Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo. Satgas di tingkat RT/RW menjaga warganya secara ketat.

Di RW 02, Kelurahan Alun-Alun Contong, Kecamatan Bubutan, misalnya. Berbagai aktivitas dan kegiatan warga benar-benar dibatasi. Jam malam pun diaktifkan

SURABAYA, Jawa Pos – Pakar mitigasi bencana mendorong Pemkot Surabaya untuk melakukan asesmen. Hal tersebut diperlukan untuk menganalis­is seberapa besar kerusakan akibat pergerakan lempeng tanah itu. Mereka berkaca pada gempa di Majene dan Mamuju, Sulawesi Utara, yang memicu banyak kerusakan.

Gempa di Majene dan Mamuju dengan magnitudo 6,2 membuat sejumlah bangunan rusak berat. Mulai rumah hingga gedung pemerintah­an. Guncangan itu dipicu pergerakan lempeng di kedalaman 10 kilometer.

Berdasar catatan sejarah BMKG, gempa di sana ternyata bukanlah yang pertama. Rentetan kejadian yang sama pernah terjadi sebelumnya. Bahkan sampai memicu tsunami. Pakar geologi ITS Amien Widodo menyatakan, tipe sesar di lokasi itu adalah sesar naik. Lokasinya terdapat di lepas pantai

Selat Makassar.

Amien mengatakan, hal yang sama bisa terjadi di sesar lain. TermasukSu­rabayayang­dilintasi dua sesar aktif. Yakni, sesar Waru dan Surabaya. Keduanya masih mengalamip­ergerakan4,5milimeter­pertahun.’Potensigem­payang bisamuncul­maksimalme­ncapai magnitudo 6,5,’ terangnya.

Menurut Amien, hal itu perlu diwaspadai. Apalagi, sesar Surabaya melintasi kawasan vital tengah kota. Untuk meminimalk­an risiko, langkah strategis harus dilakukan. Saat ini yang paling penting adalah pemetaan kawasan dengan risiko tinggi sehingga bisa dilakukan langkah yang tepat. ’’Misalnya, perencanaa­n tata ruang. Mana yang bisa dibangun dan tidak,’’ jelasnya.

Tindakan jangka pendek yang bisa dilakukan pemkot adalah asesmen ancaman gempa. Mulai penilaian seberapa besar kerentanan bangunan di kota hingga kondisi tanah. ’’Apakah bisa terjadi likuefaksi atau masalah lain. Setelah diketahui,bisadibuat­zonasi.Mana kawasan berisiko tinggi hingga rendah,’ paparnya.(gal/c19/dio)

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? TEGAKKAN PERWALI: Satpol PP Pemkot Surabaya melakukan razia untuk menindak para pelanggar protokol kesehatan di salah satu minimarket di Jalan Gubernur Suryo.
FRIZAL/JAWA POS TEGAKKAN PERWALI: Satpol PP Pemkot Surabaya melakukan razia untuk menindak para pelanggar protokol kesehatan di salah satu minimarket di Jalan Gubernur Suryo.
 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? PATUH: Joko Subianto mencuci tangan di wastafel yang disediakan di pusat perbelanja­an di Bratang kemarin (18/1).
ROBERTUS RISKY/JAWA POS PATUH: Joko Subianto mencuci tangan di wastafel yang disediakan di pusat perbelanja­an di Bratang kemarin (18/1).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia