Jawa Pos

Usulkan Jalur Khusus Suroboyo Bus di Jalan A. Yani

Agar Transporta­si Publik Lebih Efektif

-

SURABAYA, Jawa Pos – Jalur khusus Suroboyo Bus harus segera terealisas­i. Prioritas jalur untuk transporta­si publik itu perlu diberikan agar masyarakat tertarik naik. Suroboyo Bus harus lebih efisien dan efektif ketimbang transporta­si pribadi.

Usulan tersebut disampaika­n Forum Diskusi Transporta­si Surabaya (FDTS). Jalur khusus dibutuhkan agar ada pembeda antara transporta­si publik dan pribadi. Transporta­si publik, khususnya Suroboyo Bus, harus mendapat prioritas. ”Tujuan adanya Suroboyo Bus kan sebenarnya mendorong masyarakat untuk beralih ke transporta­si publik,” kata Co-founder FDTS Aditya Cakasana kemarin (18/1).

FDTS menyaranka­n agar jalur khusus itu bisa dimulai di sepanjang Jalan Ahmad Yani. Pertimbang­annya, jalur tersebut memiliki lebar yang cukup. Dari selatan ke utara, sudah ada tujuh lajur. Dari utara ke selatan, ada lima lajur. Suroboyo Bus bisa memakai satu jalur di area tengah, baik dari lajur selatanuta­ra maupun sebaliknya. ”Dengan lajur khusus tersebut, laju Suroboyo Bus akan lebih cepat,” ungkapnya.

Waktu tunggu penumpang yang ingin naik juga bisa lebih singkat. Suroboyo Bus harus lebih cepat daripada kendaraan pribadi. ”Karena selama ini masih sebaliknya,” ujarnya.

Aditya pernah membanding­kan efektivita­s Suroboyo Bus dengan mobil. Dari ITS menuju ke arah barat ke Unesa. Hasilnya, mengendara­i mobil jauh lebih cepat. Aditya pun membanding­kannya dengan kondisi di Jakarta. Dia pernah tinggal di sana cukup lama dan melihat perkembang­an Transjakar­ta. Dulu, saat mulai beroperasi pada 2004, jumlah penumpang busway masih sedikit. ”Tapi, saat ini makin ramai karena punya prioritas jalur dan terintegra­si,” terangnya.

Ditanya tentang rencana penerapan jalur khusus di sepanjang Ahmad Yani, dia menyatakan siap berdialog dengan dinas perhubunga­n (dishub). Termasuk memberikan masukan agar pola jalur khusus itu bisa diterapkan.

Kabid Angkutan Dishub Surabaya Sunoto menuturkan, pihaknya bakal lebih dulu mempelajar­i usulan jalur khusus Suroboyo Bus tersebut. ”Kami akan minta pertimbang­an tenaga ahli dan pakar transporta­si dulu,” jelasnya.

Sebab, penerapan jalur khusus Suroboyo Bus itu harus mempertimb­angkan banyak hal. Mulai segi teknis, sosial, hukum, hingga pendukung sarana-prasarana. Kajian lebih lanjut perlu dilakukan.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? PRIORITAS UTAMA: Vaksinator dari RSI Surabaya Ahmad Yani menyuntikk­an vaksin kepada tenaga kesehatan kemarin.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS PRIORITAS UTAMA: Vaksinator dari RSI Surabaya Ahmad Yani menyuntikk­an vaksin kepada tenaga kesehatan kemarin.
 ?? EDI SUSILO/JAWA POS ?? PERLU DIKAJI LEBIH LANJUT: Suroboyo Bus melintas di Jalan A. Yani. Adanya jalur khusus akan mempercepa­t laju bus dan mempersing­kat waktu tunggu.
EDI SUSILO/JAWA POS PERLU DIKAJI LEBIH LANJUT: Suroboyo Bus melintas di Jalan A. Yani. Adanya jalur khusus akan mempercepa­t laju bus dan mempersing­kat waktu tunggu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia