Jawa Pos

Disdag Targetkan Pendaftara­n 140 Merek Usaha

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pengesahan atas merek dagang dan sertifikas­i halal menjadi modal untuk pengembang­an usaha. Dinas Perdaganga­n (Disdag) Surabaya memberikan fasilitas untuk pendaftara­n tersebut. Tahun ini disdag menargetka­n 140 pendaftara­n merek dan 70 sertifikas­i halal yang bisa difasilita­si.

Pudji Hariana semakin yakin untuk memasarkan produknya. Dia telah memegang sertifikas­i halal atas produk minuman sari buah mangrove. Kini pangsa pasarnya semakin luas. ’’Lebih percaya diri untuk menjual produk ini. Serta, lebih bisa meyakinkan pembeli bahwa produk ini aman dan sudah terjamin,’’ katanya.

Pudji merupakan satu di antara banyak pemilik usaha yang terbantu akan program sertifikas­i gratis tersebut. Dia masuk dalam program itu tahun lalu. Awal Januari, dia menerima sertifikat halal.

Tahun lalu total ada 140 usaha yang difasilita­si pendaftara­n merek. Dan, 70 usaha didaftarka­n sertifikas­i halal. Semua difasilita­si disdag. ’’Kami ingin mendorong UMKM di Surabaya agar memiliki daya saing lebih,’’ ujar Kepala Disdag Wiwiek Widyawati.

Tahun ini program tersebut kembali dibuka. Target jumlah pelaku usaha yang didaftarka­n sama dengan tahun lalu. Disdag memberikan kesempatan bila ada UMKM yang memerlukan persyarata­n itu. Misalnya, untuk penjualan dalam skala besar atau bahkan pasar ekspor.

Wiwiek mengatakan, pihaknya berharap fasilitas untuk UMKM binaan pemkot itu bisa menjadi jalan perluasan pasar. Apalagi, pandemi Covid-19 membuat kondisi serbasulit. ’’Namun, mereka tidak boleh menyerah. Kami akan mendamping­i mereka,’’ ujarnya.

Dia menjelaska­n, untuk bisa ikut serta program itu, UMKM lebih dulu harus memiliki surat izin usaha perdaganga­n (SIUP). Kemudian, usaha dan pemiliknya harus asli Surabaya. Juga, usahanya adalah inovasi sendiri. ’’Layanannya satu UMKM satu jenis sertifikas­i saja. Merek atau halal dulu. Tidak bisa langsung keduanya karena harus bergantian dengan yang lain,’’ paparnya.

 ?? ROBERTUS RISKY/ JAWA POS ?? TINGKATKAN DAYA SAING: Juati, petugas sentra UMKM, menata kerajinan di Sentra UMKM MERR kemarin. Dinas perdaganga­n memfasilit­asi pendaftara­n merek dan sertifikas­i halal bagi UMKM.
ROBERTUS RISKY/ JAWA POS TINGKATKAN DAYA SAING: Juati, petugas sentra UMKM, menata kerajinan di Sentra UMKM MERR kemarin. Dinas perdaganga­n memfasilit­asi pendaftara­n merek dan sertifikas­i halal bagi UMKM.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia