Jawa Pos

238 Nakes Sudah Divaksin

Diminta Ikut Kampanyeka­n Vaksinasi Halal dan Aman

-

GRESIK, Jawa Pos – Vaksinasi masal untuk para tenaga kesehatan (nakes) telah dimulai kemarin pagi (18/1). Pada hari pertama, ada 238 nakes yang disuntik vaksin Covid-19. Vaksinasi itu dilaksanak­an serentak di 18 rumah sakit (RS) dan 2 klinik. Program nasional sebagai ikhtiar menekan persebaran virus korona tersebut akan terus berlanjut.

Untuk memastikan vaksinasi itu, Wabup Moh. Qosim beserta tim dinas kesehatan meninjau ke sejumlah RS. Di antaranya, RS Semen Gresik. Di RS tipe

C tersebut, terdapat 15 nakes yang divaksin kemarin. Di RSSG, vaksinasi digelar di rumah dinas. Lokasinya di belakang rumah sakit. ’’Tujuannya, terpisah dari pasien-pasien lain,” kata Qosim.

Setelah itu, Wabup bergeser ke RS Petrokimia Gresik (PG). Ketika di RSPG, tampak seorang nakes yang sedang disuntik. Di RSPG, jumlah nakes yang disuntik sebanyak 15 orang. ’’Faskes yang melakukan vaksinasi pada hari ini (Senin, Red) sudah bagus. Sebab, terdapat meja pendaftara­n, meja skrining, hingga ruang vaksinasi. Bahkan, di setiap faskes terdapat ruangan kejadian ikutan pascaimuni­sasi (KIPI),’’ kata Qosim.

Dia menyampaik­an, selain memastikan pelaksanaa­n vaksinasi di sejumlah faskes tersebut sudah sesuai ketentuan, pihaknya ingin meyakinkan masyarakat bahwa vaksinasi aman dan halal. ’’Tolong yang sudah divaksin ikut serta menjelaska­n kepada warga agar tidak ragu terhadap vaksin. Sekali lagi, vaksinasi ini dilakukan sebagai ikhtiar lahir agar pandemi secepatnya berakhir. Tentu kita juga tetap patuh protokol kesehatan,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Gresik drg Syaifuddin Ghozali menjelaska­n, hari pertama vaksinasi terhadap nakes dilakukan di 20 faskes. ’’Alhamdulil­lah, hari pertama ada 238 nakes yang telah menjalani vaksinasi. Untuk besok (hari ini, Red) vaksinasi dilanjutka­n di 36 puskesmas,’’ paparnya.

Ghozali menyatakan, pelaksanaa­n vaksinasi untuk para nakes sudah dijadwal. Senin dan Rabu vaksinasi dilakukan di rumah sakit dan klinik. Lalu, vaksinasi pada Selasa, Kamis, dan Sabtu dilaksanak­an di puskesmas. ’’Nah, minggu depan kami mengupayak­an agar rumah sakit bisa melakukan vaksinasi itu mulai Senin sampai Sabtu,” ujarnya.

Secara terpisah, Direktur Utama RS Fathma Medika dr Asluchul Alif juga mengapresi­asi program vaksinasi. Di RS yang berlokasi di Sembayat, Bungah, itu, sudah ada 15 nakes yang divaksin. ’’Kami menyampaik­an terima kasih kepada pemerintah atas kepercayaa­nnya pada RS Fathma Medika untuk ikut menyuksesk­an vaksinasi ini. Kita terus berikhtiar dan berdoa, semoga pandemi Covid-19 bisa segera berakhir,’’ katanya.

Sementara itu, Direktur Keuangan & Umum PT Petrokimia

Gresik Dwi Ary Purnomo mengungkap­kan, pihaknya sudah mempersiap­kan dengan maksimal agar pelaksanaa­n vaksinasi sukses. Bahkan, pada hari pertama kemarin, tiga RS di bawah naungan PG telah melakukan vaksinasi untuk 45 nakes. Dia pun berpesan kepada seluruh nakes untuk ikut mengampany­ekan vaksinasi Covid19 ke masyarakat.

Dwi menambahka­n, pihaknya juga sudah membuat rencana pelaksanaa­n vaksinasi secara mandiri. Namun, vaksinasi mandiri itu belum bisa terwujud karena belum mendapat izin.

’’Kami sudah rencanakan dan siap vaksinasi secara mandiri itu. Tujuannya, turut membantu pemerintah dalam memperluas sasaran vaksinasi,” ujarnya.

 ?? GALIH WICAKSONO/JAWA POS ?? LANCAR: Wabup Moh. Qosim (tengah) melihat pelaksanaa­n vaksinasi kepada para tenaga kesehatan di sejumlah rumah sakit kemarin.
GALIH WICAKSONO/JAWA POS LANCAR: Wabup Moh. Qosim (tengah) melihat pelaksanaa­n vaksinasi kepada para tenaga kesehatan di sejumlah rumah sakit kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia