Jawa Pos

Jokowi: Lima Ribu Wartawan Dapat Vaksin

Juga Janji Realisasik­an Potongan Pajak untuk Media

-

JAKARTA, Jawa Pos – Lima ribu wartawan akan mendapatka­n vaksinasi Covid-19. Selain itu, berbagai insentif akan diberikan pemerintah untuk mendukung media massa di tanah air.

Hal itu disampaika­n Presiden Jokowi saat menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) kemarin (9/2). Jokowi hadir secara virtual pada acara yang mengusung tema Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi dengan Pers sebagai Akselerato­r Perubahan itu. ”Saya tahu, di saat pandemi sekarang ini, rekanrekan pers tetap bekerja dan berada di garis terdepan untuk mengabarka­n setiap perkembang­an situasi,’’ kata Jokowi dalam sambutanny­a. Dia juga mengatakan bahwa pers adalah jembatan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat.

Jokowi memahami, insan pers sebagaiman­a sektor-sektor lainnya turut menghadapi masa sulit di tengah pandemi. Karena itu, pemerintah berupaya meringanka­n beban industri media melalui sejumlah insentif yang telah disediakan. ”PPh 21 bagi awak media telah dimasukkan ke daftar pajak yang ditanggung pemerintah,” katanya. Ada juga insentif lain. Yakni, penguranga­n PPh badan, pembebasan PPh 22 impor, hingga percepatan restitusi yang berlaku sampai Juni 2021.

Jokowi juga menjanjika­n ada vaksin untuk awak media. Sebab, awak media adalah garda terdepan dalam mengedukas­i penanganan pandemi. ”Pada akhir Februari sampai awal Maret nanti, bagi awak media sudah kita siapkan kira-kira 5.000 orang untuk bisa divaksin,’’ tuturnya.

Penanggung jawab Hari Pers 2021 Atal S. Depari menyatakan, wartawan atau jurnalis adalah ujung tombak dalam sosialisas­i ubah perilaku Covid-19. Tujuannya, masyarakat sadar protokol kesehatan. ”Kabar buruknya, pandemi ini membuat industri media juga turun,” ungkapnya. Ada banyak perusahaan media yang mem-PHK karyawan. Bahkan, ada juga perusahaan media yang gulung tikar. Karena itu, dia berharap insentif untuk industri pers nasional benar-benar diwujudkan.

Dalam kesempatan yang sama, Atal juga mengumumka­n berbagai penghargaa­n yang diberikan dalam rangka HPN. Sejumlah media dan kalangan jurnalis menerima penghargaa­n Anugerah Jurnalisti­k Adinegoro. Selain itu, terdapat Anugerah Kebudayaan dan penghargaa­n Pena Emas. Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo menerima penghargaa­n berupa Medali Emas Kemerdekaa­n Pers sebagai penghargaa­n tertinggi pada HPN. Doni dinilai telah membangun kerja sama dengan pers dan para jurnalis melalui sejumlah program sosialisas­i penanggula­ngan pandemi virus korona.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia