Jawa Pos

Donor Darah sambil Menikmati Musik Pop

-

SURABAYA, Jawa Pos - Tingkat kebutuhan darah di Kota Surabaya masih cukup tinggi. Menyikapi hal tersebut, pemerintah Kecamatan Asemrowo menggagas donor darah masal kemarin (9/2). Bakti sosial itu melibatkan petugas kesehatan dan Palang Merah Indonesia (PMI).

Donor dilakukan sejak pagi di halaman kantor Kecamatan Asemrowo. Tercatat lebih dari 47 orang mengikuti kegiatan sosial tersebut. Mereka datang dari berbagai daerah

J

Bukan saja warga Asemrowo. Warga di kecamatan lain juga ikut mendonorka­n darah. Mereka tertarik menyumbang­kan darah karena prihatin atas banyaknya pasien Covid-19.

Camat Asemrowo Bambang Udi Ukoro mengapresi­asi tingginya antusiasme peserta donor. Dia menegaskan bahwa kegiatan sosial itu dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan. ’’Seluruh peserta dicek suhunya. Mereka ditempatka­n secara terpisah,” kata Bambang.

Menurut dia, donor darah rencananya digelar secara rutin. Tidak saja melibatkan ASN. Pemerintah kecamatan juga mengajak komunitas sosial untuk menyumbang­kan darahnya. ’’Kami cek kondisi kesehatann­ya terlebih dahulu,” tambah Bambang.

Mantan camat Gubeng itu menjelaska­n bahwa panitia juga menerima donor plasma konvalesen. Namun, penindakan tidak bisa langsung. Pendonor plasma akan mendapatka­n penanganan khusus dari PMI Kota Surabaya.

Antusiasme masyarakat untuk mendonorka­n darahnya di Kecamatan Asemrowo tidak hanya karena gencarnya woroworo. Panitia juga membagikan masker untuk pendonor. Selain itu, peserta bakti sosial dihibur alunan musik pop. ’’Dengan adanya musik, kami berharap peserta bisa santai. Sehingga pengambila­n darah lancar,” jelas Bambang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia