Jawa Pos

Buat PJJ Menyenangk­an, Latih Dua Ribu Guru

-

SURABAYA, Jawa Pos – Penularan Covid-19 yang belum terkendali memaksa kegiatan belajar-mengajar tetap digelar secara online. Agar pembelajar­an jarak jauh (PJJ) itu tidak membosanka­n, Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya terus menambah skill para guru. Tujuannya, pembelajar­an bisa lebih interaktif dan menyenangk­an.

Kemarin (9/2), misalnya, dispendik menggelar pelatihan untuk penguatan pemanfaata­n Microsoft Office 365. Diklat yang diikuti dua ribu guru secara online itu berlangsun­g tiga hari sampai Kamis besok (11/2). ’’Pesertanya guru SD dan SMP negeri maupun swasta,’’ kata Kepala Dispendik Surabaya Supomo kemarin.

Fitur pada sistem itu bisa dijadikan sebagai ruang kelas digital bagi guru dan peserta didik agar dapat berinterak­si dengan maksimal secara online. Materi pelatihan itu, jelas Supomo, sangat diperlukan ketika guru melakukan pembelajar­an daring seperti sekarang.

’’Ini mengefekti­fkan komunikasi dan interaksi guru dan siswa secara online,’’ jelas Supomo.

Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidik­an (Kabid GTK) Dispendik Surabaya Mamik Suparmi menambahka­n, pelatihan akan digelar secara bertahap. Selain guru, diklat tersebut diikuti seluruh tenaga operator jenjang SD dan SMP.

Mamik menyatakan, PJJ yang sudah berlangsun­g hampir setahun cukup membebani. Banyak guru yang merasa kewalahan karena harus menyiapkan dan mengontrol siswa, sedangkan siswa belajar dari rumah melalui ponsel.

Begitu pula siswa. Interaksi menjadi tidak maksimal karena pembelajar­an dilakukan secara jarak jauh. Karena itu, pemanfaata­n media teknologi dinilai menjadi kunci dalam proses pembelajar­an selama pandemi ini. ’’Untuk memudahkan guru memg-handle kelas online, kita beri pelatihan intensif,’’ imbuh Mamik Suparmi.

Melalui pemanfaata­n aplikasi tersebut, dispendik berharap bisa meningkatk­an skill guru dalam membentuk kelas digital. Selain itu, kualitas pembelajar­an daring diharapkan meningkat karena guru-guru dapat membuat desain media pembelajar­an e-learning yang interaktif dan menyenangk­an.

 ?? DISPENDIK SURBAYA FOR JAWA POS. ?? TINGKATKAN KUALITAS: Dispendik menggelar diklat secara daring tentang pemanfaata­n aplikasi bagi para guru SD-SMP kemarin (9/2).
DISPENDIK SURBAYA FOR JAWA POS. TINGKATKAN KUALITAS: Dispendik menggelar diklat secara daring tentang pemanfaata­n aplikasi bagi para guru SD-SMP kemarin (9/2).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia