Jawa Pos

PPKM Mikro untuk Semua Kecamatan

Hari Pers, Vaksinasi Pertama bagi Wartawan

-

GRESIK, Jawa Pos – Pemkab Gresik siap melaksanak­an instruksi Mendagri dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Yakni, menerapkan pemberlaku­an pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro mulai kemarin (9/2) hingga 22 Februari. Dengan kebijakan itu, pemkab optimistis paparan Covid-19 semakin melandai.

’’Kami siap menjalanka­n PPKM berskala mikro. Nanti pengawasan dilaksanak­an sampai ke RW dan RT. Dinas kesehatan sudah memiliki data-data mana RT yang kategori zona merah, oranye, maupun hijau,’’ kata Plt Bupati Gresik Moh. Qosim kemarin.

PPKM berbasis mikro tersebut sesuai dengan Instruksi Mendagri Nomor 03 Tahun 2021. Untuk melaksanak­an PPKM mikro, lanjut Qosim, pemkab tetap bersinergi dengan TNI dan Polri. Mulai upaya sosialisas­i atau edukasi, operasi yustisi, hingga membangun posko desa/kelurahan tangguh sebagai pusat koordinasi dan informasi.

Kemarin pemkab pun telah merampungk­an teknis pelaksanaa­n PPKM mikro tesebut. Di antaranya, PPKM mikro bakal diberlakuk­an di seluruh kecamatan. ’’Sejak kemarin, mulai RT sudah bisa mendata warganya yang positif, kemudian dilakukan tracing, lalu tindak lanjutnya seperti apa,’’ ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Gresik drg Syaifuddin Ghozali yang didampingi Kabaghumas Reza Pahlevi.

Dari 18 kecamatan di Kabupaten Gresik, belakangan kasus positif di wilayah Menganti dan Manyar menjadi yang tertinggi. Namun, agar pelaksanaa­n PPKM mikro lebih efektif, pemkab memberlaku­kannya di semua kecamatan. ’’Semoga terus dapat kita tekan persebaran dengan kebijakan PPKM mikro. Tentu, kita tetap mengimbau masyarakat agar patuh protokol kesehatan,’’ ujar Ghozali.

Dalam instruksi Mendagri, selain pengetatan atau pengawasan hingga RT-RW, pada PPKM mikro ada beberapa kelonggara­n jika dibandingk­an dengan PPKM sebelumnya. Di antaranya, sebelumnya restoran hanya boleh menerima pengunjung makan di tempat 25 persen dari kapasitas. Kini, restoran bisa melayani 50 persen dari kapasitas. Jam operasiona­l pusat perbelanja­an atau mal juga diperpanja­ng. Sebelumnya wajib tutup pukul 20.00, sekarang mal diperboleh­kan buka hingga pukul 21.00.

Sementara itu, program vaksinasi di Kota Pudak terus berjalan. Menurut Ghozali, pelaksanaa­n vaksinasi tahap pertama bagi para tenaga kesehatan (nakes) sudah 100 persen. Gresik termasuk daerah dengan capaian bagus. Nah, saat ini berlangsun­g vaksinasi nakes suntikan kedua. ’’Dalam waktu dekat, giliran untuk anggota TNI, Polri, dan pelayan publik lainnya. Termasuk rekan-rekan wartawan sesuai arahan Bu Gubernur,’’ ungkapnya.

Sebagai wujud komitmen menyuksesk­an program vaksinasi tersebut, kemarin dinkes juga melakukan suntik vaksin Covid-19 kepada salah seorang wartawan. Itu menjadi vaksinasi pertama untuk kalangan pers di Indonesia. Vaksinasi tersebut digelar bersamaan dengan Peringatan Hari Pers

Nasional (HPN) 2021 di halaman Sekretaria­t PWI Gresik.

Hadir menyaksika­n seremonial itu, antara lain, Plt Bupati Moh. Qosim, Ketua DPRD M. Abdul Qodir, Kapolres AKBP Arief Fitrianto, Dandim 0817/Gresik Letkol Inf Taufiq Ismail, Kepala Kejari Heru Winoto, dan perwakilan pengadilan negeri (PN) serta pimpinan instansi lain. ’’Selama pandemi ini, rekanrekan media juga sangat berjasa dalam mengedukas­i masyarakat tentang Covid-19,’’ ujar Qosim.

Di pihak lain, lanjut dia, karena harus ke lapangan untuk mencari berita, potensi terpapar tentu juga tinggi. ’’Nah, karena itu kami pun sepakat agar wartawan juga divaksin. Selain itu, kami minta mereka menjadi influencer ke publik. Tidak perlu takut, vaksin Covid-19 aman dan halal,’’ kata Qosim.

 ?? GALIH WICAKSONO/JAWA POS ?? IKHTIAR AKHIRI PANDEMI: Dari kiri, Kapolres AKBP Arief Fitrianto, Ketua DPRD M. Abdul Qodir, Dandim 0817 Letkol Inf Taufik Ismail, Plt Bupati Moh. Qosim, dan Kajari Heru Winoto menyaksika­n vaksinasi pertama untuk wartawan pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di halaman PWI Gresik kemarin.
GALIH WICAKSONO/JAWA POS IKHTIAR AKHIRI PANDEMI: Dari kiri, Kapolres AKBP Arief Fitrianto, Ketua DPRD M. Abdul Qodir, Dandim 0817 Letkol Inf Taufik Ismail, Plt Bupati Moh. Qosim, dan Kajari Heru Winoto menyaksika­n vaksinasi pertama untuk wartawan pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di halaman PWI Gresik kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia