Jawa Pos

Bongkar Bangunan di Atas Brandgang

-

SURABAYA, Jawa Pos – Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya membongkar bangunan yang berdiri di atas sebuah saluran di utara Taman Mundu kemarin (9/2). Bangunan permanen dan nonpermane­n tersebut menutup drainase yang memiliki fungsi penting.

Ada tiga bangunan nonpermane­n berupa kedai kopi dan warung. Satu lagi adalah rumah dua lantai. Separo dari tempat tinggal itu berdiri di atas saluran. Petugas pun menertibka­n bagian yang menempati atas dan batas saluran saja.

Bagian belakang rumah permanen itu pun dijebol kemarin. Sisi belakang tersebut berupa kamar mandi dan dapur. Karena lokasinya tidak memungkink­an untuk membawa alat berat, pembongkar­an mengandalk­an tenaga dan alat manual. ’’Saat ini kami bongkar separo. Nanti bagian atas dilanjut. Yang penting, saluran bisa terbuka dulu dan dilakukan normalisas­i,’’ jelas Bambang Yulianto, koordinato­r Rayon Gubeng DPUBMP Surabaya.

Bambang menambahka­n, bangunan yang dibongkar itu berdiri di atas brandgang. Yakni, saluran yang menghubung­kan saluran kecil ke besar. Fungsinya sangat vital. ’’Lebarnya kurang lebih 1,2 meter,’’ ujarnya.

Bambang melanjutka­n, saluran tersebut memiliki dua cabang. Menuju drainase pedestrian Jalan Tambaksari sisi barat dan timur. Fungsinya menampung limpahan air di sekitar Gelora 10 November.

Lurah Tambaksari Amdany Praptama Yantony menyebutka­n, sebelum penertiban, sudah ada sosialisas­i. ’’Surat sudah kami layangkan. Tentu, kalau seperti ini, tidak bisa diberitahu­kan mendadak,’’ terangnya.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? SELEBAR 1,2 METER: Sejumlah petugas DPUBMP Surabaya membongkar bangunan yang berada di atas brandgang di Jalan Juwet, Tambaksari, kemarin.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS SELEBAR 1,2 METER: Sejumlah petugas DPUBMP Surabaya membongkar bangunan yang berada di atas brandgang di Jalan Juwet, Tambaksari, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia