Jawa Pos

Undika Wadahi Mahasiswa Dirikan Start-up

-

SURABAYA, Jawa Pos – Startup kini kian berkembang di kalangan anak muda. Karena itulah, Universita­s Dinamika (Undika) membentuk program inkubator bisnis dan teknologi (IBT) Tech.Inc Dinamika sebagai wadah mahasiswa yang ingin mendirikan perusahaan rintisan. Mahasiswa pun dapat mengembang­kan bisnisnya dalam bidang teknologi.

Chief Technology Officer (CTO) IBT Tech.Inc Dinamika Sri Hariani Eko Wulandari menuturkan, saat ini pemerintah terus mendorong masyarakat mengembang­kan ekonomi kreatif Indonesia. Dari situlah, Rektor Undika Prof Budi Jatmiko membuat inkubator yang bertujuan untuk membentuk start-up baru. ”Program ini diperuntuk­kan seluruh civitas academica Undika. Mulai mahasiswa, dosen, karyawan, hingga alumni,” katanya.

Yani –sapaan karib Sri Hariani Eko Wulandari– menjelaska­n, satu tim diperboleh­kan beranggota mahasiswa, karyawan, hingga alumni. Saat ini empat start-up lolos seleksi masuk dalam IBT Tech.Inc Dinamika. Yakni, tim Cancare, Mitra Home Building, Picnicker, dan Suvis. ”Program ini digelar sejak akhir 2020,” ujarnya.

Program IBT Tech.Inc Dinamika, lanjut dia, sangat dibutuhkan dalam pengembang­an start-up. Sebab, selama dua tahun, tim tersebut akan mendapatka­n pendamping­an dan mentoring secara langsung. ”Kami ingin ada sebuah wadah agar start-up benar-benar jalan. Mulai mendapatka­n profit, investor, hingga ada yang mengawasi. Selama ini, setelah menerima program tertentu, mereka tidak jalan lagi,” jelasnya.

Yani menuturkan, tim yang lolos dalam IBT Tech.Inc Dinamika bakal dibimbing selama dua tahun oleh pendamping dan mentor. Setiap tim akan mendapatka­n fasilitas kantor, wifi gratis, saranapras­arana, serta pembimbing khusus.

 ?? SEPTINDA AYU/JAWA POS ?? INKUBATOR BISNIS: Tim Picnicker berdiskusi tentang usaha rintisan yang bergerak di bidang pariwisata di IBT Tech.Inc Dinamika.
SEPTINDA AYU/JAWA POS INKUBATOR BISNIS: Tim Picnicker berdiskusi tentang usaha rintisan yang bergerak di bidang pariwisata di IBT Tech.Inc Dinamika.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia