Jawa Pos

Free Ticket Khusus Program Tertentu

-

SURABAYA, Jawa Pos – Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya (KBS) memberikan tiket gratis bagi pengunjung rombongan. Upaya tersebut dilakukan untuk menarik jumlah pengunjung. Sekaligus menjadi strategi bertahan di tengah pandemi.

Free ticket itu berlaku bagi pengunjung dan layanan tambahan di KBS. Setiap pengunjung yang membeli lima tiket, gratis satu tiket masuk. ’’Jadi, kalau bawa enam orang, bayarnya lima saja,’’ ucap Humas PDTS KBS Agus Supangkat kemarin (9/2).

Layanan free ticket berlaku sejak Sabtu (6/2). Peminat tiket beli 5 gratis 1 tersebut cukup ramai. Dalam dua hari, sudah ada 200 tiket gratis yang digunakan. Manajemen KBS menargetka­n layanan tiket gratis berlangsun­g hingga akhir April. Diharapkan, tambahan pengunjung bisa terpenuhi agar pemasukan ke lembaga konservasi itu tetap ada.

Layanan beli 5 gratis 1 juga berlaku untuk tunggang unta. Untuk tunggang gajah, beli 10 gratis 1. Sementara itu, area kids zoo yang sebelum pandemi berbayar kini digratiska­n. ’’Kami juga menyediaka­n acara feeding time setiap hari agar pengunjung makin betah,’’ imbuhnya.

Rata-rata pengunjung KBS selama pandemi memang belum naik signifikan. Pengunjung harian saat ini berkisar 200 orang pada hari biasa dan 3 ribu orang pada akhir pekan.

Kabag Perekonomi­an Agus Hebi menyatakan, terkait dengan kondisi pandemi, KBS sebagai perusahaan daerah tidak didesak untuk kejar untung. ’’Kami saat ini tidak narik dividen,’’ jelasnya. Yang terpenting, sampai saat ini, KBS bisa tetap beroperasi. Pengelola juga bisa mempriorit­askan kesehatan dan makanan satwa koleksi.

Soal satwa, Hebi mewanti-wanti agar betul-betul diperhatik­an. Sebab, jika terjadi kelaparan, dampaknya sangat besar. ’’Lak sampek komodo keluwen, itu bisa jadi berita internasio­nal,’’ selorohnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia