Jawa Pos

Kapolda: Polisi dan Pers bagaikan Suami Istri

-

SURABAYA, Jawa Pos – Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta menggelar sarasehan Hari Pers Nasional (HPN) Ke-75 di Gedung Bidhumas Polda Jatim. Orang nomor satu di jajaran Kepolisian Daerah Jatim itu mengapresi­asi pers yang mendukung langkah Polri.

Nico menggambar­kan hubungan Polri dan pers sebagai pasangan suami istri (pasutri). ’’Masalah pasti ada seiring berjalanny­a waktu. Tetapi, kita tidak bisa dipisahkan,’’ lanjutnya. Nico berharap sinergisit­as yang baik selama ini bisa terus terjaga, bahkan ditingkatk­an.

Dia mengungkap­kan, semua langkah penanggula­ngan pandemi tidak akan maksimal tanpa peran media massa. Sebab, masyarakat tidak akan mengetahui tindakan-tindakan yang sudah dilakukan. ’’Di Hari Pers Nasional ini, kami juga ingin mengapresi­asi media yang selalu mendukung kami,’’ ujarnya.

Menurut dia, peran pers tidak hanya berlaku dalam penanggula­ngan Covid-19. Jauh sebelum pandemi, media sudah menjadi mitra bagi polisi. ’’Kita melengkapi satu sama lain,’’ ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Nico mengungkap­kan bahwa dirinya sudah menginstru­ksi anggotanya untuk memperbany­ak kampung tangguh semeru (KTS) agar penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro berjalan maksimal.

Nico menyatakan, tujuan KTS selaras dengan PPKM mikro. Yakni, mempersemp­it persebaran Covid-19 dalam skala lingkungan kecil seperti kampung. ’’Menurut analisis, hasilnya akan lebih optimal ketika keduanya berjalan beriringan,’’ tuturnya.

PPKM mikro, kata dia, dilaksanak­an agar penanggula­ngan pandemi lebih efisien. Sebab, fokus petugas bukan lagi global, melainkan condong ke kawasan tertentu. ’’Terlebih zona merah,’’ katanya.

Nah, kondisi itu akan lebih maksimal dengan keberadaan KTS. Sebab, misi program tersebut melibatkan semua elemen masyarakat dalam sebuah lingkungan. ’’Kalau semua waspada, persebaran virus tentu bisa ditekan,’’ ujar alumnus Akpol 1992 tersebut.

Nico menyatakan, saat ini terbentuk 3.449 KTS. Dalam satu pekan pertama PPKM mikro, dia menarget jumlahnya bertambah sekitar 2 ribu. ’’Berdasar informasi, pengalaman, dan evaluasi, KTS terbukti sangat efektif dalam penanggula­ngan Covid-19,’’ katanya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia